Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Stop Kontak Terbakar, Rumah Kos dan 3 Motor di Gembili Ludes

LPG Ngebros, Rumah di Nginden Juga Terbakar

Rabu, 07 Nov 2018 12:12 | editor : Wijayanto

SYOK: Salah satu penghuni rumah kos (kaos kuning) terpukul melihat kondisi rumahnya di Jalan Gembili yang ludes terbakar.

SYOK: Salah satu penghuni rumah kos (kaos kuning) terpukul melihat kondisi rumahnya di Jalan Gembili yang ludes terbakar. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Sebuah rumah kos milik Suhartini, 50, warga Jalan Gembili I nomor 39, Surabaya, ludes terbakar, Rabu pagi (7/11). Selain menghanguskan rumah, tiga motor di rumah itu juga ludes akibat diamuk si jago merah.

Salah satu penghuni kos, Ria Fatmala Sari, 24, mengatakan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 08.45. Awalnya, dia dibuat penasaran dengan bau menyengat seperti benda terbakar atau gosong. Saat mengecek dapur, dia melihat tidak ada kegiatan memasak.

"Saya lantas ke depan ke ruang utama. Saya kaget melihat stop kontak di sana sudah terbakar," kata Ria saat ditemui di lokasi, Rabu (7/11).

Dia menjelaskan, posisi stop kontak yang korsleting saat itu dekat dengan buku-buku dan pakaian yang ditumpuk. Sontak dalam sekejap, api pun membesar membakar buku, baju, hingga asap hitam memenuhi ruangan utama.

Api juga merembet ke kamar di bagian belakang dan teras depan. "Saya teriak kebakaran-kebakaran, lalu mengambil air mencoba memadamkan tapi tidak nutut," terangnya.

Karena api semakin membesar, Ria bersama tiga perempuan lain penghuni kos termasuk pemilik langsung keluar menyelamatkan diri. Hidayat, 61, tetangga korban kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Kurang dari 15 menit, empat unit mobil Damkar tiba di lokasi. Kurang dari satu jam, api berhasil dipadamkan dan dilanjutkan dengan pembasahan hingga pukul 10.30. 

Dari pantauan Radar Surabaya di lokasi kejadian, selain menghanguskan rumah kos satu lantai itu, tiga unit motor juga hangus. Api juga nyaris menyulut mobil Honda Brio L 1633 TF yang terparkir di garasi depan rumah. Namun, mobil putih itu berhasil diselamatkan.

Kebakaran juga terjadi di rumah Kundarti, 60, warga Jalan Nginden II H nomor 59, Nginden Jangkungan, Sukolilo. Dapur rumah korban ludes diamuk api. Diduga penyebab kebakaran karena elpiji 3 kg yang saat itu dipakai memasak ngebros.

Peristiwa kebakaran terjadi saat pemilik pergi ke pasar. Api berhasil dipadamkan warga dengan bantuan satu unit mobil PMK dari Pos Sukolilo yang datang untuk melakukan pembasahan.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di sebuah ruko di Jalan Raya Lontar, Sambikerep. Ruko yang dipakai usaha rumah makan di G-Walkitu terbakar karena korsleting listrik. Tak ada korban karena api dengan cepat dipadamkan. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia