Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Tempat Penemuan Jobong Majapahit Akan Dibuatkan Prasasti

Rabu, 07 Nov 2018 00:06 | editor : Abdul Rozack

DESTINASI SEJARAH: Tim Balai Pelestari Cagar Budaya Trowulan, Mojokerto, saat meneliti lokasi penemuan situs jobong Majapahit di Jalan Pandean, Kelura

DESTINASI SEJARAH: Tim Balai Pelestari Cagar Budaya Trowulan, Mojokerto, saat meneliti lokasi penemuan situs jobong Majapahit di Jalan Pandean, Kelurahan Peneleh. Rencanaya Disbudpar Surabaya akan membangun prasasti di lokasi tersebut. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Penemuan sumur tua atau jobong Majapahit di Jalan Pandean, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng hingga saat ini masih diteliti oleh tim Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) juga berencana akan membangun prasasti di lokasi tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Disbudpar Kota Surabaya, Antiek Sugiharti. Wanita yang akrab disapa Antiek ini mengimbau kepada masyarakat agar masyarakat tidak mengambil barang-barang disekitar lokasi penemuan. “Hingga saat ini masih penelitian, janjinya satu minggu akan ada info dari hasil analisa tersebut,” katanya, Selasa (6/11).

Antiek mengatakan untuk kepentingan penelitian, pihaknya meminta proyek pembangunan box culvert di lokasi temuan sumur tua tersebut dihentikan untuk sementara waktu. Disbudpar sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) untuk menghentikan proyek pembangunan box culvert. “Karena kita masih amankan terlebih dahulu benda-benda temuan tersebut  untuk kepentingan penelitian lebih lanjut," imbuhnya.

Antiek mengatakan, rencana pembangunan box culvert itu nantinya akan dibelokkan dan ditutup. Nantinya pada lokasi penemuan sumur itu akan dibuat prasasti sehingga menjadi tempat bersejarah yang bisa dikunjungi wisatawan. “Selain itu kita juga akan mencari sejarah yang ada di lokasi penemuan,” ujarnya. (mus/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia