Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Melalui GenRe, BKKBN Jatim Ajak Siswa Rencanakan Masa Depan Sejak Dini

Rabu, 07 Nov 2018 06:05 | editor : Wijayanto

GENRE CERIA: Sekretaris BKKBN Jatim Shodiqin (dua dari kanan), anggota DPR RI Komisi IX Lucy Kurniasari (empat dari kanan), dan dan Kepala Dinas PMDP3AKB) Ali Imron (empat dari kiri) bersama dengan GenRe Ceria dari SMAN 1 Waru Sidoarjo.

GENRE CERIA: Sekretaris BKKBN Jatim Shodiqin (dua dari kanan), anggota DPR RI Komisi IX Lucy Kurniasari (empat dari kanan), dan dan Kepala Dinas PMDP3AKB) Ali Imron (empat dari kiri) bersama dengan GenRe Ceria dari SMAN 1 Waru Sidoarjo. (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

SIDOARJO - Usai menggelar kegiatan sosialisasi pembangunan keluarga bersama mitra di SMK Wachid Hasyim Surabaya, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar kegiatan serupa. Masih menyasar siswa kelas XII, kali ini BKKBN Jatim mengajak para siswa SMA Negeri 1 Waru untuk lebih kenal dengan program Generasi Berencana (GenRe).

GenRe sendiri merupakan suatu program dari BKKBN yang dikembangkan dalam rangka persiapan sekaligus perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Sosialisasi yang telah digelar sejak lama tersebut memang menyasar remaja dengan rentang usia 10 hingga 24 tahun yang belum menikah.

BINCANG SANTAI: (ka-ki) Sekretaris BKKBN Jatim Shodiqin, anggota DPR RI Komisi IX Lucy Kurniasari, dan Kepala Dinas PMDP3AKB Ali Imron menjadi narasumber di sosialisasi pembangunan keluarga bersama mi

BINCANG SANTAI: (ka-ki) Sekretaris BKKBN Jatim Shodiqin, anggota DPR RI Komisi IX Lucy Kurniasari, dan Kepala Dinas PMDP3AKB Ali Imron menjadi narasumber di sosialisasi pembangunan keluarga bersama mi (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

“Bisa dikatakan GenRe ini sebagai salah satu fasilitas agar remaja khususnya siswa dapat merencanakan masa depan dengan sebaik-baiknya,” terang Sekretaris BKKBN Jatim Shodiqin, Selasa (6/11).

Menurut dia, dengan jumlah penduduk Jawa Timur yang saat ini menempati peringkat dua dalam hal kepadatan setelah Jawa Barat, BKKBN memiliki andil untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas.

“Kita tahu sebanyak 60 persen penduduk di Jawa Timur didominasi oleh mereka yang berusia 15 hingga 64 tahun. Nah melalui program GenRe ini, BKKBN Jatim ingin menyosialisasikan kepada para siswa mengenai pentingnya perencanaan yang matang. Seperti harus selesai sekolah kapan, mendapat pekerjaan kapan, menikah kapan, dan seterusnya,” ungkap Sodiqin.

Selain itu, dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga turut mengundang Anggota DPR RI Komisi IX Lucy Kurniasari dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (PMDP3AKB) Ali Imron sebagai narasumber.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Waru Endang Sri Wardiyanti mengaku bangga anak-anak didiknya dapat menerima informasi mengenai program GenRe.

“Sesuai arahan BKKBN Jatim yang mana siswa harus menghindari pernikahan dini, seks pra nikah, dan napza, semoga sosialisasi hari ini dapat diterima dengan sangat baik oleh siswa,” tukasnya usai penyerahan fasilitas laptop yang mendukung kegiatan di Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja SMAN 1 Waru. (rul/nug)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia