Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Proses Lelang Tidak Mulus, Normalisasi Sungai Tertunda

Selasa, 06 Nov 2018 15:55 | editor : Wijayanto

TERTUNDA: Normalisasi sungai Ngaban.

TERTUNDA: Normalisasi sungai Ngaban. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Sejumlah program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo tahun ini gagal terealisasi. Seperti normalisasi Sungai Sidokare, pembangunan pintu air dam Golondoro, dan pembangunan pintu air di Bungurasih. Ketiganya gagal dalam tahap lelang.

Kepala Bidang Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bambang Tjatur Miarso mengatakan, pihaknya berupaya mewujudkan tiga program tersebut.

Ketiganya sudah masuk lelang sejak pertengahan tahun. Namun tidak ada penyedia yang ikut lelang. "Kami juga sempat mengulang lelang," katanya, Senin (5/11).

Menurut Bambang, ketiga program tersebut sangat penting. Normalisasi Sidokare di wilayah hilir misalnya. Air di sungai tersebut sering meluber ke rumah warga. Penyebabnya adalah sedimentasi yang tinggi. Badan sungai pun menyempit dari semula 15 meter menjadi lima meter.

Tumpukan sampah dan enceng gondok juga menghambat aliran air. Bambang mengatakan, tiga program itu kembali diusulkan tahun depan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan menjelaskan, program penanganan banjir memang menjadi prioritas. Pihaknya sudah memetakan lokasi genangan beserta solusi penanganannya.

Di wilayah utara, banjir disebabkan luberan Kali Buntung. Tahun ini program normalisasi sudah direncanakan. Sayangnya belum menyentuh seluruh wilayah Sungai Buntung. Sigit mengatakan, normalisasi Buntung akan berjalan di dua desa. Yakni Desa Tambah Sawah dan Tambak Sumur. Panjangnya 1.200 meter. "Kami prioritaskan karena sungai tertutup sedimentasi," jelasnya.

Sedangkan normalisasi Sungai Buntung di Bungurasih, Medaeng, serta Kedungrejo harus tertunda. Sigit mengatakan, kegiatan itu akan berjalan tahun depan. Pasalnya, di  sempadan sungai tiga wilayah itu banyak berderet bangunan liar (bangli). (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia