Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tiga Kecamatan Masih Butuh Rusunawa

**Kawasan Padat Penduduk dan Industri

Senin, 05 Nov 2018 17:02 | editor : Wijayanto

BUTUH TAMBAHAN: Salah satu rusunawa milik Pemkab Sidoarjo yang ada di Bulusidokare.

BUTUH TAMBAHAN: Salah satu rusunawa milik Pemkab Sidoarjo yang ada di Bulusidokare. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO – Kepadatan penduduk di Sidoarjo belum didukung kawasan hunian yang memadai. Hunian vertikal menjadi salah satu solusi untuk persoalan ini. Pemkab Sidoarjo sudah membangun enam rusunawa.

Namun, jumlah tersebut dirasa masih kurang. Apalagi peminat rusunawa cukup tinggi. Dari enam rusunawa yang ada itu sudah terisi penuh. Untuk itu, penambahan rusunawa perlu dilakukan. Terutama untuk kawasan padat penduduk dan industri.

Misalnya di Sedati, Gedangan, dan Buduran. Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Sulaksono mengakui bahwa Sidoarjo kekurangan rusunawa. Seharusnya dalam setiap kawasan padat penduduk harus ada lebih dari satu rusunawa seperti di Waru dan Taman.

"Dua kecamatan itu yang paling padat penduduknya di Sidoarjo," katanya.

Di Kecamatan Waru, hanya ada satu rusunawa di Desa Tambaksawah. Sedangkan di Kecamatan Taman ada dua rusunawa. Yakni di Desa Wonocolo dan Ngelom. Hingga saat ini peminat ketiga rusunawa tersebut sangat tinggi. Sebab lokasinya ada di sekitar kawasan industri.

Sulaksono mengaku pihaknya sudah mengusulkan ke pemerintah. Hasilnya tahun depan pemerintah akan menambah satu blok. Masing-masing di Ngelom dan Wonocolo.

Selain Waru dan Taman, tiga kecamatan padat penduduk lainnya juga membutuhkan rusunawa. Usulan pembangunan sudah disampaikan, namun belum mendapatkan persetujuan. Untuk membangun rusunawa, pemkab harus menyediakan lahan. Setelah tersedia, pemerintah tinggal membangun rusunawa.

Sulaksono berharap usulannya bisa diterima. Sebab ketersediaan hunian wajib dipenuhi. Agar masyarakat Sidoarjo maupun pendatang tidak memaksa untuk tinggal di tempat yang tidak semestinya. Seperti mendirikan bangunan di sempadan sungai dan tempat lainnya. (nis/rud)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia