Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Sidoarjo

Target Ditambah Rp 30 M, Pemasukan Pajak Baru 87 Persen

Senin, 05 Nov 2018 16:53 | editor : Wijayanto

POTENSIAL: Papan reklame di Jalan Raya Gedangan. Pajak reklame menjadi salah satu pemasukan terbesar di Sidoarjo.

POTENSIAL: Papan reklame di Jalan Raya Gedangan. Pajak reklame menjadi salah satu pemasukan terbesar di Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Sidoarjo - Menjelang akhir tahun, pemasukan pajak belum optimal. Hingga Oktober 2018, realisasinya baru 87 persen dari target yang ditetapkan. Tahun ini Pemkab Sidoarjo menargetkan pemasukan pajak sebesar Rp 898 miliar.

Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Joko Santosa mengakui bahwa hingga saat ini pencapaiannya belum sesuai target. Adanya tambahan target setoran pajak menjadi salah satu penyebabnya.

Pada Perubahan APBD 2018, target pemasukan pajak ditambah dari yang semula Rp 868 miliar menjadi Rp 898 miliar. "Ditambah Rp 30 miliar," katanya.Dari setoran pajak yang sudah masuk hingga saat ini, pajak hiburan, PBB, dan pajak reklame menjadi penyumbang pendapatan terbesar. Sebaliknya, setoran dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ), pajak air tanah, BPHTB, dan pajak restoran masih minim.

Joko menjelaskan, pajak hiburan tahun ini mencapai 98 persen. Ini karena Sidoarjo menjadi tuan rumah event besar seperti Piala AFF U-19 dan Piala AFF U-16. Namun, PPJ hanya 79 persen. Dia menilai, minimnya pemasukan PPJ disebabkan pembayaran pajak dilakukan mendekati akhir tahun. 

Sedangkan untuk pajak air tanah, persentasenya hanya 81 persen. Joko menjelaskan, saat ini sudah jarang perusahaan yang menggunakan air tanah. Pabrik lebih memilih membeli air tangki.

Meski begitu, Joko optimistis akhir tahun setoran pajak mencapai target. "Masih ada dua bulan lagi. Kami maksimalkan," ucapnya. Untuk tahun depan, target pemasukan pajak ditambah sebesar Rp 82 miliar. Sehingga nilainya mencapai Rp 980 miliar. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia