Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Gresik
Pencegahan Penyakit Menular di RS

Sosialisasi Medical Check Up kepada Karyawan dan Masyarakat

Senin, 05 Nov 2018 15:43 | editor : Wijayanto

PEDULI : Dokter Medical Cek Up Kesehatan Kerja RSPG, dr Cita Budiarti sedang mendampingi pasien yang melakukan kontrol kesehatannya.

PEDULI : Dokter Medical Cek Up Kesehatan Kerja RSPG, dr Cita Budiarti sedang mendampingi pasien yang melakukan kontrol kesehatannya. (FAJAR YULI YANTO/RADAR GRESIK)

Gresik terkenal dengan kota pabrik. Ratusan bahkan ribuan pabrik berdiri di kota ini. Risiko penyakit menular pun cukup tinggi. Kunjungan pasien makin meningkat. Itulah yang akhirnya membuat Rumah sakit Petrokimia Gresik (RSPG) mengantisipasi penyakit menular baik kepada karyawan rumah sakit sendiri maupun masyarakat di sekitar.

Fajar Yuliyanto Wartawan radar Gresik 

Dalam dunia kesehatan, utama pengobatan yakni pencegahan terlebih dahulu. Dokter Medical Cek Up Kesehatan Kerja RSPG, dr Cita Budiarti menjelaskan antisipasi para masyarakat yang jadi karyawan, agar tidak mengganggu aktifitas kerja atau produksi perusahaan.

“Kami menyarankan kontrol karyawan, setahun sekali, “ kata Cita. Untuk alatnya sudah cukup lengkap mulai dari laboratorium dan radiologi. Dalam pemeriksaan dilakukan dokter sehingga pemeriksaan bisa teratasi. Seperti penyakit dalam, kolestrol, darah tinggi dan jantung.

“Kalau sudah terkena penyakit harus segera diperiksa dan jangan nunggu sakit baru  periksa,” ungkap dia. Dikatakannya, pencegahan penyakit sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak awal. Para masyarakat dijelaskan harus tahu tentang bahaya penyakit menular.

“Kami mendorong masyarakat untuk medical check up ini juga sebagai upaya masyarakat pencegahan penyakit,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala BPJS Gresik, dr Galih Anjungsari menambahkan, BPJS Gresik terus melakukan upaya promotif untuk pencegahan penyakit di masa mendatang. “Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, jadi terus kami lakukan sosialisasi,” ungkap dia. (*/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia