Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pantau Tes CPNS, Bupati Jamin Tak Ada Titipan

Sabtu, 03 Nov 2018 11:21 | editor : Wijayanto

HARI PERTAMA: Tes CPNS di Pemkab Sidoarjo yang digelar di kantor BKD.

HARI PERTAMA: Tes CPNS di Pemkab Sidoarjo yang digelar di kantor BKD. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) hari pertama di Sidoarjo berlangsung Jumat (2/11). Sebanyak 6.692 orang yang sudah lolos tahap administrasi mengikuti tes yang dimulai sejak pukul 08.00. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah pun memantau langsung di pelaksanaan tes CPNS di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo.

Didampingi Kepala BKD Sidoarjo Sri Witarsih, bupati yang akrab disapa Abah Ipul tersebut keliling dari ruangan ke ruangan. Tahun ini BKD Sidoarjo menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam perekrutannya. Total ada 127 komputer yang disediakan untuk digunakan dalam tes.

Abah Ipul berharap pelaksanaannya berjalan lancar hingga hari terakhir. Menurut dia, antusiasme masyarakat Sidoarjo untuk mendaftar CPNS masih tinggi. Buktinya, dari 473 formasi, pendaftarnya mencapai ribuan.

Abah Ipul juga memastikan bahwa tidak ada PNS titipan. Dia menjamin, peserta tes CPNS yang lolos nantinya memiliki prestasi yang baik. Sebab, pelaksanaan tesnya dilakukan secara komputer dan transparan.

"CPNS yang lolos harus memiliki kualitas bagus untuk peningkatan pelayanan di pemkab," katanya.

Sementara itu, Kepala BKD Sidoarjo Sri Witarsih mengatakan, dalam pelaksanaan tes CPNS, pihaknya menyediakan 127 komputer. Terbagi dalam dua lantai. Sebanyak 25 komputer di lantai 1 dan 102 komputer di lantai 2. Tes CPNS akan berlangsung selama empat hari.

Hari pertama hanya ada empat sesi, sedangkan selanjutnya akan ada lima sesi. "Tes selanjutnya pada 9 November mendatang," ujarnya.

Dia melanjutkan, sebelum pelaksanaan tes, para peserta diverifikasi kembali datanya. Bila dianggap sesuai, maka peserta akan mendapatkan name tag. Kemudian peserta diberikan pin user name untuk masuk ke sistem CAT.

Sri juga menjamin bahwa pelaksanaan tes CPNS tidak bisa diintervensi. Sebab, tes penerimaan CPNS menggunakan ruang steril. Di ruangan tersebut para peserta tidak diperbolehkan membawa peralatan apa pun.

Kertas maupun pensil serta bolpoin dilarang untuk dibawa. Tas sudah harus dititipkan ke panitia. Bahkan, panitia menggunakan alat pemeriksaan badan untuk mengatisipasi kecurangan pada pelaksanaan tes CPNS kali ini. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia