Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Cegah Kejahatan Skimming dengan Migrasi Kartu

02 November 2018, 18: 00: 53 WIB | editor : Wijayanto

MIGRASI : Kartu baru BRI memiliki chip yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

MIGRASI : Kartu baru BRI memiliki chip yang memiliki tingkat keamanan tinggi. (YUDHI/RADAR GRESIK)

GRESIK - Untuk mencegah makin meluasnya kejahatan skimming, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk kantor cabang Gresik mengajak nasabahnya untuk melakukan penukaran kartu ATM lama ke kartu ATM memakai chip.

Manager Bisnis Mikro Bank BRI Gresik, I Gede Suryawan mengatakan, penggantian kartu ATM dari magnetic stripe ke chip sepenuhnya dibebaskan ke nasabah. Nasabah bisa langsung mendapatkan kartu chip pada saat mengurus ke bank di hari kerja.

“Namun jika terbiasa menggunakan fasilitas e-banking BRI, kata gede, nasabah harus melakukan registrasi ulang m-banking dan e-banking,” ujarnya.

Dikatakan, kartu chip juga hanya bisa digunakan sebagai kartu debit di mesin EDC BRI. Dia menyebutkan, nasabah yang tidak mendapat SMS dari Bank BRI tidak perlu mengganti kartu ATM-nya ke chip.

"Karena yang dikirim SMS itu hanya kartu yang terpantau pernah digunakan di ATM-ATM bermasalah yang pernah digunakan untuk skimming. Ini hanya yang termasuk program penggantian kartu 1,1 juta nasabah,” katanya.

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto membantah adanya pengumuman mengenai pemblokiran kartu debit non-chip pada akhir Oktober 2018. BRI tidak menetapkan tenggat untuk penggantian kartu.

Pengumuman yang viral di media sosial menyebutkan nasabah wajib mengganti kartu debit menjadi chip. Jika tidak dilakukan hingga 30 Oktober maka kartu debit nasabah tidak dapat digunakan.

"Bank BRI menegaskan bahwa isu mengenai pemblokiran kartu debit non-chip secara otomatis pada akhir bulan Oktober 2018, tidak benar," ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai Peraturan Bank Indonesia terkait Standar Nasional Teknologi Chip (SNTC), BRI mengimbau nasabah untuk melakukan penggantian kartu debit non-chip menjadi kartu debit ber-chip. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia