Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

Ini Jurus Agar Kuku Kuat dan Sehat

Kamis, 25 Oct 2018 14:11 | editor : Wijayanto

Ilustrasi Kuku

Ilustrasi Kuku (NET)

Kuku kerap menjadi bagian tubuh yang terabaikan. Kalau bermasalah, misalnya tidak tumbuh sempurna, penyok, warna suram, barulah kita memperhatikannya. Sebaiknya, mulai sekarang jangan mengabaikan kuku Anda. Karena memiliki kuku yang sehat dan cantik, bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Dikutip dari laman The Health Site, Kamis (25/10), kuku terdiri dari lapisan-lapisan berlapis protein yang dikenal sebagai keratin. Kuku yang sehat memiliki tampilan halus, tanpa lubang atau lekuk dan bebas bintik-bintik maupun perubahan warna.

Tapi, kuku Anda bisa mendapatkan garis atau bintik-bintik putih karena cedera dan sebagainya. Anda juga dapat melihat perdarahan di sekitar kuku, bengkak dan rasa sakit yang hebat.

Kadang-kadang kuku tidak akan tumbuh dan kuku Anda juga akan tampak terpisah dari kulit di sekitarnya. Jadi untuk memiliki kuku yang sehat, ikuti tips ini.

1.Upayakan kuku tetap lembab

Oleskan lotion tangan ke kuku dari waktu ke waktu, agar tetap terhidrasi. Sesuikan lotion dengan kondisi kulit dan kuku Anda. Supaya makin menyenangkan, pilih lotion dengan bau yang sesuai karakter Anda.

2. Kebersihan kuku harus dijaga dengan baik

Anda harus memotong kuku dengan lembut dan kontinyu. Hindari penggunaan benda kasar untuk membersihkannya karena dapat melukai kuku. Lindungi kuku jika Anda akan melakukan hal-hal yang berpotensi merusak kuku, misalnya kegiatan berkebun.

 

3. Usahakan kuku tetap kering

Kondisi kuku yang kering dan bersih akan mencegah bakteri tumbuh subur di bawah kuku jari. Kontak berkepanjangan dengan air dapat merusak kuku, jadi berhati-hatilah. Gunakan sarung tangan saat mencuci piring. Bersihkan atau hindari penggunaan bahan kimia keras, karena dapat merusak kuku Anda.

Lantas, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap kuku kita?

1.Hindari menggunakan produk kimia yang kasar pada kuku Anda

Gunakan cat kuku dan remover yang berkualitas baik dan pastikan tidak merusak kuku Anda.

2. Harus hati-hati menarik hangnail

Anda mungkin akan menarik jaringan hidup bersama dengan kuku yang menggantung. Jangan lakukan itu. Jepit saja kuku Anda.

3. Hindari menggigit kuku Anda

Kebiasaan yang mengganggu ini dapat menempatkan Anda pada risiko infeksi. Menggigit kuku atau memetik kutikula dapat mengundang bakteri yang mungkin masuk melalui luka. Dengan demikian, dapat menyebabkan infeksi. (opi/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia