Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment

Timnas Indonesia U-19 Siapkan Kejutan Buat UEA

Rabu, 24 Oct 2018 06:20 | editor : Abdul Rozack

Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri (ISTIMEWA)

Jakarta -  Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menyiapkan kejutan lawan Uni Emirat Arab (UEA) dalam pertandingan penentuan Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10).

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 mampu memperkecil kekalahan dari Qatar dari skor 1-6 menjadi 5-6. Tiga gol dari Garuda Nusantara dicetak gelandang Todd Rivaldo Ferre.

"Besok ada lagi beri kejutan, tim yang bagus tak tergantung satu orang. Banyak pemain bagus di U-19, tapi saya hanya bisa bawa 23. Kami bersyukur dengan permainan lawan Qatar kemarin," tutur Indra usai memimpin latihan timnas U-19, Selasa (23/10).

Tak ada banyak perbedaan dari formasi yang Indra tampilkan dalam latihan dengan yang ia tunjukkan ketika lawan Qatar. Gelandang Todd Rivaldo Ferre yang mencetak tiga gol dalam laga menghadapi Qatar juga dicoba bermain satu tim bersama Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani, dua pemain selalu menjadi starter.

Indra mengatakan Timnas Indonesia U-19 secara mental sangat siap. Perjuangan mereka, lanjutnya, harus dicontoh. Timnas Indonesia U-19 kalah 5-6 dari timnas Qatar di Piala Asia U-19.  "Bagaimana mereka bangkit ketika lawan Qatar kemarin. Saya saja terinspirasi, apalagi masyarakat. Ini [bangkit karena mental kuat] tidak sekali atau dua kali, ini yang harus kami tonjolkan dan bangkitkan terus," ujar Indra.

"Kami harus optimistis, jangan jadi bangsa yang kalah sebelum bertanding. Semua harus jadi yang terbaik," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Indra pasrah mengenai kondisi cuaca lawan UEA. Cuaca di Jakarta Selatan sedang tak menentu antara hujan atau cerah.  Saat ditanya cuaca yang diharapkan Indra untuk lawan UEA, pelatih berusia 55 tahun tersebut tidak mengharapkan kondisi cuaca tertentu.

"Terserah Tuhan kasih apa, Tuhan pasti kasih yang terbaik," kata Indra.

Timnas Indonesia U-19 berlatih selama kurang lebih satu setengah jam di Lapangan ABC sebagai persiapan lawan UEA. Hal-hal bermasalah pada tim, ucap Indra, diperbaiki seperti pertahanan dan pergantian pemain. 

"Ketidaksengajaan kesalahan dalam pertandingan lawan Qatar kemarin tidak setiap hari terjadi, itu situasional. Yang jelas, sudah kami perbaiki dalam latihan," ucap Indra. Indonesia hanya harus meraih kemenangan saja atas UEA. Indonesia kini mengoleksi nilai tiga dari hasil sekali menang melawan Taiwan (3-1) dan kalah dari Qatar (5-6).

Bila Indonesia dan Qatar sama-sama menang, maka akan dilakukan hitung-hitungan selisih gol antara kedua tim dan UEA, yang akan sama-sama memiliki nilai 6. Untuk itu hasil atas Taiwan akan diabaikan. Posisi sebelum laga ketiga tersebut, selisih gol masing-masing tim adalah sebagai berikut: UEA 2-1 (+1), Qatar 7-7 (0), dan Indonesia 5-6 (-1). Dengan demikian kemenangan 2-0 atas UEA akan cukup membuat Timnas U-19 Indonesia lolos sebagai juara grup. Bahkan kemenangan 1-0 pun akan bisa membuat Indonesia lolos sebagai runner-up, berkat keunggulan produktivitas gol dari UEA.(pps/rak)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia