Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

Inilah 7 Cara Melawan Stres

Rabu, 24 Oct 2018 10:42 | editor : Wijayanto

TERBUKA: Curhat dengan teman mampu menghilangkan stres.

TERBUKA: Curhat dengan teman mampu menghilangkan stres. (NET)

Rutinitas, kesibukan, beban kerja, bahkan persoalan keluarga, bisa memicu stres. Kalau Anda tidak tahu cara mengelola stres, akibatnya bisa buruk. Dikutip dari The Guardian, Selasa (23/10), berikut tujuh cara melawan stres yang bisa jadi Anda sedang mengalaminya.    

1. Identifikasi penyebab

Jika Anda mengalami masalah dengan otot yang tegang, terlalu lelah, sakit kepala atau migrain, itu sangat mungkin terkait dengan stres. Apakah itu pekerjaan, hubungan, situasi hidup atau hal lain? Kenali pemicunya untuk mencari solusinya.

2. Gerakkan tubuh Anda

Olahraga memang tidak akan menyembuhkan stres, tetapi itu dapat membantu menjernihkan pikiran dan membuat Anda merasa seolah-olah mendapatkan kontrol. Yoga mungkin menenangkan, tetapi tidak ada yang lebih menggetarkan selain menghantam punchbag. 

3. Bicarakan dengan teman

Jika Anda adalah tipe orang yang terbuka untuk nasihat, cari teman untuk membicarakan masalah. Teman dapat bekerja sebagai grup dukungan dan memberi Anda solusi. Terkadang, Anda tidak dapat melihat jalan keluar yang mudah dari situasi ketika Anda justru berdiri tepat di tengah-tengahnya.

4. Letakkan ponsel, beri waktu istirahat

Banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget. Tapi, masak 24 jam hidup kita akan memelototi gadget terus? Tentu saja tidak. Berikan waktu istirahat atau jarak pikiran kita terhadap gadget. Taruh di laci satu jam sebelum tidur dan abaikan. Untuk melupakannya sesaat, lakukan hal yang menyenangkan. Tinggal mandi, nonton film atau baca buku.

5. Bersihkan kepala dengan meditasi

Penelitian telah menghasilkan bukti yang meyakinkan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi stress. Setelah hanya delapan minggu kita melakukannya. Meditasi memprogram ulang otak sehingga Anda memiliki lebih banyak kapasitas untuk mengelola stres saat ia muncul.

6. Buat daftar kegiatan

Terlalu banyak yang harus dilakukan bisa membuat stres. Seolah-olah jika  bergerak lebih cepat, rasanya Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan. Tetapi ini adalah kesan yang salah. Buat daftar yang harus dilakukan. Lakukan hal-hal yang penting, setelah Anda mencapai beberapa hal kecil. Dengan begitu, Anda akan mendekati hal-hal besar yang sudah merasa baik.

7. Makan sehat dan minum air putih

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa apa yang dimakan akan memengaruhi suasana hati. Misalnya, junk food membuat Anda lesu dan kurang mampu menghadapi stres. Jadi tetap berpegang pada makanan kaya serat, kaya karbohidrat, buah-buahan dan sayuran. Dan cobalah untuk menghindari lemak tinggi, kafein dan gula. Satu lagi, perbanyak konsumsi air putih. (opi/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia