Kamis, 22 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

10 Kesalahan yang Tak Disadari di Kamar Mandi

Jumat, 19 Oct 2018 09:21 | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (NET)

Kebersihan memainkan peran besar dalam kehidupan. Banyak cara untuk membersihkan diri. Salah satunya adalah mandi.

Dikutip dari laman Bright Side, Kamis (18/10), berdasarkan data statistik, kita menghabiskan sekitar 1,5 tahun kehidupan di kamar mandi. Enam bulan di antaranya untuk mandi, dan selebihnya adalah buang air kecil, buang air besar dan aktivitas ringan lain.

Nah, dari sekian banyak waktu di kamar mandi tersebut, ternyata banyak kesalahan yang kita perbuat tanpa menyadarinya. Apa saja kesalahan itu?

1.  Tidak mandi setelah berolahraga

Beberapa orang berpikir bahwa satu-satunya alasan mengapa mereka harus mandi setelah berolahraga adalah baunya. Namun faktanya, ada alasan lain. Berkeringat menstimulasi produksi bakteri pada kulit yang dapat menyebabkan ruam.  Jadi, disarankan Anda untuk mandi sesegera mungkin setelah berolahraga. 

2. Mencukur bulu kaki sebelum melakukan pedikur

Jangan mencukur bulu kaki sebelum melakukan pedikur. Anda mungkin mendapatkan infeksi melalui goresan kecil di kaki Anda.

3. Mandi dan mencuci rambut setiap hari

Orang yang memiliki rambut tipis atau lemah harus menghindari mencucinya setiap hari.  Waktu terbaik untuk mencuci rambut adalah dua kali seminggu agar kelembapan rambut tetap seimbang. Selain itu, jangan lupa bahwa mandi terlalu sering mengganggu dan mengeringkan kulit karena air membersihkan bakteri baik. Ini dapat menyebabkan peningkatan kemungkinan mengalami infeksi kulit.

4. Membungkus rambut basah dengan handuk

Setelah basah, rambut kita menjadi sangat rentan dan mudah patah. Untuk menghindari hal ini, dianjurkan untuk tidak membungkus rambut dengan handuk setelah mandi. Juga, karena panas, kelenjar sebasea mulai berfungsi lebih aktif yang membuat rambut terlihat kurang bersih dan rapi. 

 5. Lupa membersihkan kepala pancuran (shower)

Jika telah menggunakan kepala pancuran untuk waktu yang lama, Anda mungkin melihat semacam plakat di atasnya yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Para ilmuwan menemukan bahwa ada bakteri di kepala pancuran yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru.

6. Tidak menggunakan sabun cuci dengan benar

Jika memiliki sabun di kamar mandi, pastikan airnya mengalir dari sana. Jika tidak, bakteri dapat bereproduksi tepat di batang sabun.

7. Meninggalkan silet atau pisau cukur di kamar mandi

Untuk mencegah bakteri mereproduksi, biarkan pisau cukur di atas handuk untuk dikeringkan. Anda juga harus mengganti pisau secara teratur.

8. Menggunakan handuk yang sama terlalu lama

Jangan gunakan handuk yang sama untuk waktu yang lama. Jika Anda menggunakan handuk yang tidak benar-benar kering, mungkin ada bakteri di atasnya. Pakar mikrobiologi Philip Tierno merekomendasikan menggunakan handuk yang sama tidak lebih dari 3 kali sebelum dicuci.

9. Tidak mencuci bak mandi tepat setelah mandi

Jangan lupa untuk mencuci bak mandi tepat setelah mandi. Lingkungan yang lembab menstimulasi reproduksi bakteri seperti E. coli. Mencuci bak mandi secara teratur dapat mencegah infeksi.

10. Meninggalkan spons di kamar mandi

Dengan meninggalkan spons di kamar mandi, Anda membiarkan bakteri berbeda bereproduksi lebih cepat dalam kondisi basah. Jadi, sebaiknya pastikan spons bersih dan simpan di area kering. (opi/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia