Kamis, 22 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Beri Layanan Money Changer di Bawean

Selasa, 16 Oct 2018 15:56 | editor : Aries Wahyudianto

PENUKARAN : Salahsatu nasabah saat mengisi data untuk penukaran uang di layanan perbankan di Bawean.

PENUKARAN : Salahsatu nasabah saat mengisi data untuk penukaran uang di layanan perbankan di Bawean. (YUDHI/RADAR GRESIK)

BAWEAN - Sejumlah bank memberikan layanan penukaran uang (money changer) di Pulau Bawean. Ini untuk memberi kemudahan bagi warga Bawean yang baru pulang merantau dari luar negeri. Sebab, mayoritas warga Bawean bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Manager Bisnis Mikro Bank Rakyat Indonesia (BRI) Gresik, I Gede Suryawan mengatakan, layanan money changer di Bawean untuk menunjang aktivitas transaksi masyarakat. Sebab, selama ini masyarakat Bawean menukar uang asing ke rupiah atau sebaliknya pada pedagang pasar.

“Sebenarnya layanan money changer ini sudah ada sejak tahun lalu. Namun pada tahun ini kembali kami galakkan agar masyarakat di kepuluan bawean semakin familiar,” ujarnya.

Dikatakan, fasilitas layanan money changer hadir di BRI Unit Tambak dan Bawean. Diharapkan dalam satu bulan jumlah uang yang ditukar mencapai 500.000 Ringgit Malaysia atau setara Rp 1,8 miliar.

Untuk mendukung aktivitas transaksi non tunai masyarakat, BRI Gresik bekerjasama dengan 20 merchant yang meliputi swalayan, rumah makan, toko bangunan, dan hotel menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC).

“Pemasangan mesin EDC ini kami maksudkan agar dapat mengurangi jumlah peredaran uang kertas serta meminimalisir resiko kehilangan uang mengingat perputaran dana di pulau Bawean setiap harinya cukup besar,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Arif Sulthoni, Kepala Bank Jatim Cabang Bawean. Menurutnya, potensi transaksi penukaran uang di kepulauan bawean sangat besar. Oleh sebab itu, pihaknya sudah menghadirkan fasilitas layanan money changer sejak pertama kali membuka kantor disana.

“Kami bekerjasama dengan wester union untuk layanan penukaran uang. Antusiasme masyarakat Bawean sangat tinggi terhadap layanan ini,” Arif Sulthoni. (fir/ris)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia