Selasa, 16 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Pakde Karwo dapat Banyak Kejutan di Pembukaan Jatim Fair

Rabu, 10 Oct 2018 17:57 | editor : Wijayanto

SIMBOLIS: Menteri Perdagangan, Drs. Enggartiasto Lukita bersama Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo dan Ketua Dekranasda Jatim, Dra.Hj. Nina Kirana Soekarwo mengunting untaian melati dalam Pembukaan Jatim Fair 2018 di Grand City Convex Surabaya.

SIMBOLIS: Menteri Perdagangan, Drs. Enggartiasto Lukita bersama Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo dan Ketua Dekranasda Jatim, Dra.Hj. Nina Kirana Soekarwo mengunting untaian melati dalam Pembukaan Jatim Fair 2018 di Grand City Convex Surabaya. (Abdullah Munir/Radar Surabaya)

Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo terharu dengan kejutan yang diberikan di pembukaan Jatim Fair. Menurut Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jatim Aris Mukiyono, seluruh kejutan yang diberikan tanpa sepengetahuan gubernur yang akan mengakhiri jabatannya pada Februari tahun depan tersebut.

BERKUALITAS: Menteri Perdagangan, Drs. Enggartiasto Lukita bersama Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo dan Ketua Dekranasda Jatim, Dra.Hj. Nina Kirana Soekarwo saat mengunjungi UKM Bank Jatim.

BERKUALITAS: Menteri Perdagangan, Drs. Enggartiasto Lukita bersama Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo dan Ketua Dekranasda Jatim, Dra.Hj. Nina Kirana Soekarwo saat mengunjungi UKM Bank Jatim. (Abdullah Munir/Radar Surabaya)

Aris mengatakan, dirinya sudah menunggu lama untuk memberikan kejutan tersebut. Tetapi, dirinya menunggu momen yang tepat. Alasannya, agar dapat menyentuh hati. "Rencananya mau kami berikan (kejutan) pada gelaran Jatim Fair tiga tahun yang lalu. Tetapi kok, saya rasa kurang pas momennya, akhirnya saya cancel," ujarnya, Selasa (9/10).

Pertama-tama Gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo tersebut, disuguhi pertunjukan lukisan pasir dengan narasi perjalanan hidupnya dengan sang istri, Nina Kirana Soekarwo.

Pertunjukan lukisan pasir tersebut berhasil menyentuh hati Nina Kirana. Beberapa kali, dirinya tampak mengusap air matanya. Tidak hanya Nina yang terbius oleh lukisan pasir dari Vina Candrawati. Setelah dirinya menyelesaikan lukisan tersebut, hampir seluruh tamu undangan memberikan standing ovation.

Setelah itu, Soekarwo kembali diminta untuk naik panggung. Dirinya diberikan penghargaan oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. Penghargaan yang diberikan Menteri Perdagangan kepada Pakde Karwo adalah atas inisiasi perdagangan antar daerah yang selama ini dilakukan Provinsi Jatim.

"Mohon maaf Pak Menteri, saya tidak tau kalau ada prosesi seperti ini (pemberian penghargaan dan pertunjukan lukisan pasir, Red)," ujar Gubernur Jatim selama dua periode tersebut.

Suasana tegang pun seketika pecah, ketika Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memberikan sambutan. Dirinya mengatakan, bahwa sudah mengetahui seluruh rangkaian acara. "Sebelumnya saya mau minta maaf kepada Pakde Karwo, sebenarnya saya sudah mengetahui seluruh rangkaian acara hari ini. Jadi Pakde tidak perlu tanya ke sekretaris lagi tentang hal ini," katanya yang menimbulkan tawa dari tamu undangan yang hadir.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari Menteri Perdagangan untuk Soekarwo. Dirinya menilai sosok Soekarwo sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat, sehingga penghargaan tersebut memang pantas diterimanya.(tra/nur)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia