Rabu, 17 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Ribuan Warga Meraihkan Pameran Alutsista dan Fun Run-Fun Bike HUT TNI

Selasa, 09 Oct 2018 15:09 | editor : Wijayanto

PENUH: Keramaian masyarakat saat menghadiri HUT TNI ke 73 di Koarmada II Ujung, Surabaya.

PENUH: Keramaian masyarakat saat menghadiri HUT TNI ke 73 di Koarmada II Ujung, Surabaya. (Suryanto/Radar Surabaya)

SEMANGAT: Peserta Fun Run di Koarmada II Ujung, Surabaya

SEMANGAT: Peserta Fun Run di Koarmada II Ujung, Surabaya (Suryanto/Radar Surabaya)

SURABAYA – Ribuan warga dari Surabaya dan kota sekitarnya memadati area Dermaga Madura, Komando Armada II, Ujung, Surabaya, Minggu (7/10). Mereka antusias melihat pameran alat utama sistem senjata (alutsista) dari tiga matra TNI yakni TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Pameran alutsista digelar mulai 6-7 Oktober 2018 dan pada Minggu (7/10), juga digelar kegiatan Fun Bike dan Fun Run. Fun Bike sejauh 43 kilometer dilepas Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) ll Laksamana Muda TNI Didik Setiyono. M. dan Danlanud Muljono SBY KoloneI Pnb Budi Ramelan.

Dengan rute Jl. Kesatrian - Jl. Hayam Wuruk - Jl. Kutai - Jl. Diponegoro - Jl. Pasar Kembang (lewat bawah fly over) - Jl. Kedungdoro - Jl. Bubutan - Jl. Pahlawan - Jl. Indrapura (check point) - Jl.  Rajawali - Jl. Jakarta - Bundaran Golden - Jl Petekan - Jl. Hangtuah - Jl. Purwo – finish depan Satkopaska Koarmada ll.

Sedangkan Fun Run dilepas oleh Danguskamla Koarmada ll Laksma TNI Kusdaryanto sejauh 5 Km dengan rute Bundaran Gama - Jl. Hangtuah - Bundaran Jl. KH. Mas Mansyur - Jl. Benteng - Jl. Kalimas Baru - Bundaran Golden - Jl. Petekan - Jl. Hangtuah - Jl. Purwo - Satkopaska Koarmada ll.

Ribuan pengunjung maupun peserta Fun Bike dan Fun Run serta ribuan warga berbaur di Koarmada ll. Masyarakat memanfaatkan momen ini untuk berlibur bersama keluarga. Hal itu terbukti seluruh kapal perang yang berada di Koarmada ll,  dikunjungi ribuan masyarakat.

Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, yang juga sebagai ketua panitia Pameran Alutsista TNI wilayah Surabaya tahun 2018 ini mengatakan bahwa dihari kedua Pameran Alutsista TNI terasa lebih meriah, ribuan pengunjung memadati stand pameran dan bazar yang disiapkan panitia.

"Masyarakat bisa masuk berkunjung ke kapal-kapal perang, tank, panser dan alutsista lainnya untuk mengenal lebih dekat peralatan tempur. Bahkan yang memanfaatkan untuk foto selfy di depan mesin perang," kata Laksamana Pertama TNI Edwi, Minggu (7/10).

Panitia juga menyiapkan  berbagai hiburan seperti, hiburan musik,  demonstrasi dan aerobatik pesawat udara dari Bonanza Neptune Harmony Flight Puspenerbal, atraksi  komunitas,  Fun Ride kendaraan tempur dan Joysailing bagi masyarakat dengan Kapal Angkata Laut Bawean. 


Sementara itu, salah seorang pengunjung yang berasal dari Lamongan, Eko Dwi mengatakan, dirinya mengetahui pameran alutsista dari media. Dirinya lalu mengajak teman-temannya untuk menghadiri acara tersebut. 

Sedangkan Anjar, pengunjung lainnya mengaku senang dengan kegiatan tersebut. “Suka lihat pamerannya, karena jarang ada kegiatan seperti ini. Saya datang dari Gresik bersama anak-anak, sekalian mengenalkan mereka tentang tugas TNI,” katanya. (tra/rud)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia