Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
RW 07 Kelurahan Sambikerep Kecamatan Sambikerep

Angkat Potensi Warga untuk Keunggulan Kampung

29 September 2018, 15: 38: 32 WIB | editor : Wijayanto

PEDULI PENDIDIKAN: Ibu-ibu penggerak literasi di RW 07 Kelurahan Sambikerep.

PEDULI PENDIDIKAN: Ibu-ibu penggerak literasi di RW 07 Kelurahan Sambikerep. (Irano/Radar Surabaya)

Surabaya – RW 07 Sambikerep mengandalkan potensi yang dimiliki warganya untuk mengikuti lomba Kampung Pendidikan-Kampunge Arek Suroboyo (KP-KAS) yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) dan harian Radar Surabaya.

“Istilahnya menggali potensi warga untuk keunggulan kampung kami,” kata Bambang Triwinulyo, Ketua RT 5, didampingi Ketua RT 4 Suwardi.

Salah satu potensi itu adalah keberadaan lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang didirikan warga yang mampu mengangkat nama harum kampung yang berlokasi di komplek perumahan Perhutani tersebut. Tak main-main, salah satu anak didik bimbel ini berhasil menjuarai olimpiade matematika sedunia di India pada tahun 2016 lalu.

“Terus terang, bimbel ini yang menjadi andalan kami dalam penilaian KP-KAS untuk kampung belajar. Karena siswanya sudah sampai luar perumahan,” tambah Suwardi.

Selain itu, keberadaan kelompok bimbingan membaca alquran juga mampu mengangkat nama harum kampung Sambikerep. Santrinya mulai anak-anak hingga dewasa dengan metode mengaji tilawah, qiroah hingga menghafal alquran (hafidz).

Satu lagi potensi warga yang dikembangkan di bidang perekonomian. Bambang Triwinulyo menyampaikan, warganya memiliki program Gerakan Belanja ke Warung Tetangga. “Lewat grup whatsapp (WAG), warga yang mau belanja atau membutuhkan apapun bisa saling transaksi di hape. Bahkan jika ada yang punya barang dan ingin menjualnya, bisa lewat grup WA itu,” kata Pak Wiwin, sapaannya.

Selain itu untuk program kampung aman, wilayah RW 07 Sambikerep sudah dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran seperti sirine dan alat pemadam kebakaran ringan (APAR). Keamanan kampung ini lebih terjamin dengan penerapan one gate system menggunakan portal. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia