Rabu, 17 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Penyedia Aplikasi Online Bidik UMKM

Rabu, 26 Sep 2018 17:44 | editor : Aries Wahyudianto

: Maraknya bisnis UMKM menjadi pasar potensial bagi aplikasi online.

: Maraknya bisnis UMKM menjadi pasar potensial bagi aplikasi online. (YUDHI/RADAR GRESIK)

Penyedia aplikasi jual beli berbasis online kini membidik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik. Pelaku usaha UMKM di Gresik dinilai memiliki potensi  untuk menjadi usernya.

Government Relations Shopee Indonesia, Claudia Henyka mengungkapkan, besarnya pebisnis UMKM di Indonesia menjadi potensi yang harus digarap. Selain untuk menggenjot transaksi, banyaknya UMKM juga bisa menjadi  

“Kami mendorong UMKM untuk meninggalkan cara berjualan secara konvensional menuju online. Disamping agar produknya mudah dibeli oleh konsumen, juga meningkatkan daya saing,” kata dia.

Dikatakan, untuk menarik minat UMKM, pihaknya menghapus biaya registrasi. Strategi pemasaran ini bisa menghemat pengeluaran pebisnis UMKM. 

“Kami selalu menyampaikan bahwa apabila berjualan melalui online, tidak perlu lagi menyewa tempat ataupun membayar host website,” jelasnya.

Hal senada disampaikan VP Marketplace Tokopedia, Garri Juanda. Diungkapkan, untuk mendorong UMKM pihaknya melakukan pendampingan. “Kami melakukan kegiatan edukasi dari hulu ke hilir, dari mulai edukasi dasar berbisnis, peningkatan kualitas produksi, packaging, branding, sampai dengan akses ke permodalan untuk UMKM,” imbuhnya.

Dikatakan, selama ini dukungan pemerintah sendiri dalam berbagai kegiatan bersama para marketplace cukup banyak. Mulai dari mendorong pelaku UMKM offline menjadi online, membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan skala bisnisnya.

“Bahkan kami bersama pemerintah mendorong pelaku UMKM meningkatkan jangkauan pasar menjadi internasional,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia