Selasa, 16 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Jelang Pendaftaran CPNS Gresik

Disnaker Kewalahan, Pemohon Kartu Kuning Membludak

Rabu, 26 Sep 2018 10:22 | editor : Aries Wahyudianto

Ribuan orang terlihat mengantri untuk membuat kartu kuning di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik. Menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ribuan orang mulai memadati Kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Gresik. Kedatangan masya

Ribuan orang terlihat mengantri untuk membuat kartu kuning di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik. Menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ribuan orang mulai memadati Kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Gresik. Kedatangan masya

KARENA menjadi syarat wajib, banyaknya pemohon yang mendatangi kantor Disnaker Gresik di Jalan Permata, Perumahan Graha Bunder Asri. Kondisi ini memaksa sejumlah staf disnaker harus kerja lembur beberapa hari untuk menyelesaikan kartu tersebut.

Dari pantauan di lapangan, ribuan warga terlihat mengantri di loket pembuatan kartu kuning Disnaker Gresik. “Iya, mau buat kartu kuning untuk mendaftar PNS. Katanya dibuka pada 26 September mendatang,” ujar Amin Alamsyah, kemarin.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Informasi Pasar Kerja dan Peningkatan Produktivitas Ali Mahfud mengatakan, hingga sekarang sudah ada ribuan warga yang mengajukan pembuatan kartu kuning. “Kalau data yang kami miliki sudah ada sekitar 4 ribu orang pemohon kartu kuning,” ujarnya.

Menurut dia, karena banyaknya jumlah pemohon pihaknya tidak bisa menyelesaikan kartu kuning dalam sehari. Pihaknya meminta waktu selama 3 sampai 4 hari untuk menyelesaikan seluruh permohonan. “Kami sudah lembur untuk membuat kartu kuning. Kemungkinan Jumat selesai,” terang dia.

Dikatakan, pihaknya memastikan akan melayani para pemohon dengan maksimal. Sebab, kartu ini memang menjadi salah satu persyaratan untuk pendaftaran CPNS yang akan dibuka dalam waktu dekat. “Memang paling banyak digunakan untuk mendaftar CPNS, tetapi ada juga untuk keperluan yang lainnya,” ungkapnya.

Menurut Arini, salahsatu pemohon asal Perumahan Kedanyang Kebomas, dia sudah datang ke Disnaker Gresik sejak pagi hari. Namun karena yang mengajukan permohonan cukup banyak, dia harus rela antre untuk mengajukan permohonan. Baginya, antre lama tidak masalah asalkan dia bisa mendapatkan kartu kuning.

"Alhamdulillah  setelah antre beberapa jam, akhirnya kartu kuning sudah kepegang. Kini saya tinggal menunggu pembukaan pendaftaran CPNS, semoga bisa diterima tahun ini," kata lulusan Fakultas Teknik sebuah PTN di Surabaya ini. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia