Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
RW 06 Kelurahan Karang Poh Kecamatan Tandes

Sinergi Tiga Pilar Wujudkan Kampung Aman

25 September 2018, 17: 05: 53 WIB | editor : Wijayanto

SIAP JUARA: Warga RW 06, Kelurahan Karang Poh, Kecamatan Tandes siap menyambut tim juri KP-KAS.

SIAP JUARA: Warga RW 06, Kelurahan Karang Poh, Kecamatan Tandes siap menyambut tim juri KP-KAS. (Sanusi/Radar Surabaya)

Surabaya – Untuk mewujudkan kampung aman dibutuhkan singergi dari tiga pilar. Yakni kelurahan, polsek dan koramil. Hal inilah yang dilakukan Kelurahan Karang Poh Kecamatan Tandes dalam gelaran Kampung Pendidikan-Kampunge Arek Suroboyo (KP-KAS) tahun ini. Berkat sinergi tiga pilar, warga di kampung ini tak lagi merasa terancam.

“Memang dulu di salah satu wilayah di sini banyak dikeluhkan soal beberapa pemuda yang suka minum-minum dan bikin resah warga. Alhamdulillah lewat sinergi tiga pilar, sekarang bisa dikendalikan dan tidak ada lagi kerusuhan atau keluhan dari warga,” kata Lurah Karang Poh, Djatmiko Oetama.

Ia menambahkan, sinergi tiga pilar juga diwujudkan dalam hal kampung belajar. Dimana di wilayahnya sudah terbentuk pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) hasil swadaya masyarakat untuk menampung anak putus sekolah.

“Mereka (anak putus sekolah, Red) kami wadahi dengan program Kejar Paket A, B, dan C yang setingkat dengan SD, SMP, dan SMA. Sehingga mereka yang tidak punya ijazah karena putus sekolah diganti dengan sertifikat Kejar Paket,” tutur Djatmiko yang wilayahnya sudah pernah menyabet dua kali juara baik dalam lomba Kampung Pendidikan. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia