Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
RW 01 Kelurahan Asemrowo Kecamatan Asemrowo

Realisasikan Cita-Cita Kampung Pendidikan

25 September 2018, 16: 59: 27 WIB | editor : Wijayanto

SALAM LITERASI: Sebagai kampung unggulan untuk sarana pembelajaran dan literasi, warga RW 01 Asemrowo siap mewujudkan kampung literasi.

SALAM LITERASI: Sebagai kampung unggulan untuk sarana pembelajaran dan literasi, warga RW 01 Asemrowo siap mewujudkan kampung literasi. (Sanusi/Radar Surabaya)

Surabaya – Sebagai kampung yang masuk dalam kategori madya untuk program Kampung Pendidikan-Kampunge Arek Suroboyo (KP-KAS), RW 01 Asemrowo menyiapkan warganya sedemikian rupa untuk menyambut tim juri dalam tahap penilaian yang telah dilakukan pada Senin (24/9) lalu.

SINERGI: Dari kiri, Lurah Asemrowo Asnafi dan Ketua RW Hadi Suwarno.

SINERGI: Dari kiri, Lurah Asemrowo Asnafi dan Ketua RW Hadi Suwarno. (Sanusi/Radar Surabaya)

Ketua RW 01 Hadi Suwarno menjelaskan, dari enam kriteria yang dinilai, warganya sudah mampu memenuhi. Misalnya untuk kampung belajar, pihaknya mendorong semua dari sembilan RT yang ada agar memiliki taman baca masyarakat (TBM) berupa Sudut Baca.

“Memang sudah ada yang punya, tapi ada yang belum. Ada yang sudah punya karena memanfaatkan pos RT. Tapi nanti yang tidak punya, bisa pakai rumah salah satu warga,” katanya. Target dari pembentukan TBM ini, agar warga bisa menambah wawasan dan ilmu.

Untuk kampung aman di RT 02, sudah menerapkan one gate system bahkan portal tertutup pada malam hari. Sehingga yang tidak berkepentingan pada malam hari tidak bisa masuk kecuali warga yang masing-masing sudah punya kunci duplikat portal satu per satu.

Untuk kampung sehat, warga lewat petugas jumantik rutin melakukan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk. Sedangkan untuk kampung binaan di RT 07, pihaknya mencanangkan agar warga tidak lagi buang hajat sembarangan di sungai. Melainkan lewat penampungan di septic tank.

“Kami juga membuat kampung literasi di RT 03. Di sana ada beberapa alat peraga sekolah yang ditempel di tembok dan dicat. Sedangkan kampung kreatif-inovatif ada di RT 4 karena di sana ada kerajinan akik dan sebagainya.” (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia