Senin, 24 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Sidak Jalan Bupati Sambari Halim Radianto

Lancarkan Jalur Pasien, Bangun U-Turn RSUD Ibnu Sina

Kamis, 13 Sep 2018 12:53 | editor : Aries Wahyudianto

Turun Langsung : Bupati Gresik Sambari Halim Radianto melihat jalan yang akan dibangun fasilitas putar balik di depan IGD RSUD Ibnu Sina.

Turun Langsung : Bupati Gresik Sambari Halim Radianto melihat jalan yang akan dibangun fasilitas putar balik di depan IGD RSUD Ibnu Sina. (Firmansyah Radar Gresik)

Pemerintah Kabupaten Gresik akan membangun fasilitas putar balik (U-Turn) baru di depan Rumah Sakit Ibnu Sina Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kebomas.

Koordinasi : Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto berdialog dengan manajemen Icon Mall perihal rencana pelebaran trotoar atau pendestrian untuk pejalan kaki.

Koordinasi : Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto berdialog dengan manajemen Icon Mall perihal rencana pelebaran trotoar atau pendestrian untuk pejalan kaki. (Firmansyah Radar Gresik)

TUJUAN dibangunnya fasilitas putar balik tersebut untuk memperlancar kedatangan pasien dari arah Duduk Sampeyan masuk ke ruang Instalasi Gawat Darurat RS Ibnu Sina. Kemarin, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto melakukan sidak di lokasi yang rencananya akan dibangun putar balik tersebut.

Sidak kali ini, bupati didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Gresik. Yakni, Asisten II, Siswadi Aprilianto, Kepala Dinas Perhubungan, Nanang Setyawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Najikh, Kepala Dinas PU Gunawan Setiyadi serta Kepala BPPKAD, Andhi Hendro Wijaya memantau pembangunan fasilitas putar balik agar berjalan sesuai dengan rencana.

Bupati Sambari Halim Radianto mengatakan, selama ini pasien yang datang dari arah Duduksampeyan harus putar balik di depan kantor Uji KIR atau setelah jembatan di bawah tol.

“Kami akan membuatnya lebih efisien dengan menggeser U-Turn yang sudah ada saat ini tepat di depan pintu masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD). Harapannya begitu pasien datang langsung bisa naik ke pintu IGD,” ujarnya.

Dikatakan, untuk fasilitas putar balik yang ada di depan Ibnu Sina saat ini, kata Sambari, rencananya akan ditutup. Nanti arus lalu lintas akan dialihkan ke fasilitas putar balik yang ada di depan kantor Pemkab Gresik.

“Selain berfungsi mempercepat penanganan pasien, pembangunan ini sekaligus untuk mengurangi kemacetan,” jelasnya.

Sementara itu, pada kesempatan itu Bupati Sambari juga memantau persiapan Grand Opening Icon Mall Gresik yang rencananya akan dibuka pada 26 Oktober mendatang.

Dalam kesempatan itu, Direktur PT Raya Bumi Nusantara Permai (RBNP), David Yurianto juga meminta izin kepada Pemkab Gresik untuk memperlebar trortoar dari yang sebelumnya 1,5 meter menjadi 4,4 meter agar lebih nyaman dilewati para pejalan kaki. Tidak hanya itu, Icon Mall juga berencana menggeser halte ke tempat yang lebih representatif. 

“Trotoar boleh diperlebar asalkan tidak mengurangi lebar jalan. Jadi saya minta pelebaran trotoar sifatnya ke dalam. Dan kami tidak mengeluarkan biaya untuk hal tersebut,” imbuh Sambari.

Sedangkan, terkait dengan rencana pengoprasian Mall, bupati berpesan agar pihak pengelola Mall mengutamakan pekerja lokal sebagai karyawan.

“Selain itu saya minta pengelola menyediakan lokasi untuk para PKL di luar area Mall untuk diberdayakan,” pinta Bupati.

Di tempat terpisah, General Manager Icon Mall, Ryan Sudrajat menyambut positif permintaan Pemkab Gresik terkait pembangunan trotoar.

“Kami memang sudah rencanakan ini sejak dulu. Secara prinsip kami akan mendukung apa yang menjadi keinginan pemerintah daerah,” kata Sudrajat. (*)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia