Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Kuota Lulusan Cumlaude 5 Persen, Disabilitas 2,5 Persen

Kuota CASN Surabaya Hanya 442 Orang

Rabu, 12 Sep 2018 17:27 | editor : Wijayanto

Ilustrasi ASN

Ilustrasi ASN (Dok/Radar Surabaya)

SURABAYA – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Jatim, Anom Surahno mengatakan untuk lulusan cumlaude dalam pendaftaran Calon ASN nanti, diberikan kuota 5 persen. Selain itu penyandang disabilitas akan diberi kuota 2,5 persen dari formasi yang ada. Menurutnya kuota khusus yang dimulai tahun ini agar para lulusan cumlaude mendaftar ke pusat.

“Kuota untuk cumlaude dan penyandang disabilitas tidak akan disebutkan secara khusus. Tapi tetap masuk dalam formasi umum,” katanya.

Menurut Anom saat ini Pemprov Jatim sedang menyusun kebutuhan formasi yang tepat bagi lulusan cumlaude dan penyandang disabilitas tersebut. Alasannya agar kebutuhan dengan ketersediaan pendaftar bisa seimbang. “Sehingga kuota 5 persen dan 2,5 persen bisa terpenuhi semua,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah pendaftar CASN 2018 di Pemkot Surabaya yang disetujui oleh pusat hanya sekitar 442 formasi. Kuota tersebut terbagi  untuk tenaga pendidikan sebanyak 344, tenaga kesehatan berjumlah 49 dan tenaga teknis jumlahnya 32.

“Sebenarnya Kota Surabaya mengajukan formasi lowongan sebanyak 513 formasi,” katanya.

Mia mengatakan rincian tersebut  tenaga pendidik  butuh kuota sekitar 344 kursi selain untuk guru SD juga untuk guru mata pelajaran tingkat SMP.

“Untuk tenaga teknis akan dicari para lulusan akuntansi, IT, dan tenaga teknis lain. Sebanyak 120 formasi diajukan ke pusat untuk kebutuhan tenaga teknis ini. Kemudian dibutuhkan 49 tenaga di bidang kesehatan. dokter, bidan, apoteker, dan perawat,” paparnya.

Lebih lanjut, Mia menambahkan bagi lulusan SMA dan SMK tak bisa mengikuti lowongan CASN 2018. Kerena, untuk tahun ini rekrutmen harus memiliki ijazah D3 dan S1. (mus/rud)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia