Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Perbaikan Truk Sampah Tunggu PAK

Senin, 10 Sep 2018 15:16 | editor : Aries Wahyudianto

BERLUBANG : Truk pengangkut sampah milik DLH Gresik keropos di bak belakang hingga menyebabkan kotoran terbuang saat diangkut.

BERLUBANG : Truk pengangkut sampah milik DLH Gresik keropos di bak belakang hingga menyebabkan kotoran terbuang saat diangkut. (Rofiq/Radar Gresik)

KOTA – Tidak layaknya truk pengangkut sampah masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik. Pasalnya, saat ini separo dari jumlah truk sampah kondisinya tidak layak. DLH Gresik berharap pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2018 bisa mendapatkan tambahan anggaran.

Pantuan di lapangan, sejumlah truk tidak layak terlihat berseliweran di beberapa jalan protocol kota Gresik. Seperti di Jalan Ahmad Yani beberapa waktu lalu. Truk sampah tersebut terlihat memiliki banyak lubang. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Najikh tidak menampik jika banyak truk pengangkut sampah kondisinya mengkhawatirkan. Dari total keseluruhan truk yang layak maupun tidak, dia menyebut perbandinganya 50 persen. Artinya masih banyak truk dengan kondisi yang sama. 

Menurut dia, banyaknya truk kontainer yang bolong, disebabkan jumlah sarana kontainer terbatas. Ditambah area yang harus dilayani melebihi jumlah kemampuan. "Memang tidak semudah apa yang diinginkan, karena kontainer milik kita juga terbatas," ujarnya kepada wartawan.

Dengan terbatasnya kontainer trsebut, mengakibatkan penggunaan kontainer sampah sering rusak. Besinya keropos karena bersentuhan dengan sampah dan air. "Mata rantai penggunaan kontener sampah tidak ada yang sempat stay meski sbntar saja, sehingga kerusakan kontener ada saja," jelasnya. 

Saat ini, pihaknya belum bisa menganggarkan kontainer baru. Penyebabnya, belum ada anggaran. Pihaknya baru bisa menganggarkan lagi di perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD tahun 2018. Agar persoalam tidak berbuntut panjang, DLH sementara akan menumbal sulam truk yang bolong dengan menggunakan bahan plat. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia