Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Pemprov Jatim Buka 2.065 Lowongan PNS

Sabtu, 08 Sep 2018 13:15 | editor : Wijayanto

DIBUKA KEMBALI: Lowongan aparatur sipil negara (ASN) biasanya bakal diserbu para pendaftar. Para ASN saat halal bihalal di halaman Balai Kota Surabaya beberapa waktu lalu.

DIBUKA KEMBALI: Lowongan aparatur sipil negara (ASN) biasanya bakal diserbu para pendaftar. Para ASN saat halal bihalal di halaman Balai Kota Surabaya beberapa waktu lalu. (Suryanto/Radar Surabaya)

SURABAYA - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur mengumumkan rekrutmen apatur sipil negara (ASN)2018 digelar pada 19 September mendatang. "Dari yang diajukan Pemprov dan yang disetujui pusat jumlahnya tidak jauh berbeda," ujar Kepala BKD Jatim Anom Surahno kepada Radar Surabaya ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (7/9).

Menurut Anom, Pemprov Jatim mengajukan kuota 2.202, namun yang disetujui pusat hanya 2.065. "Kuota ini sangat pas  dan sesuai kebutuhan. Karena ASN yang memasuki batas usia pensiun (BUP) tahun ini ada sekitar 2.000 orang," katanya.

Pria yang pernah menjadi dosen dan wartawan ini mengaku dari kuota yang disetujui tersebut dibagi menjadi 3 formasi. "Untuk tenaga pendidikan kuotanya 826. Sedangkan tenaga kesehatan jumlahnya 797," jelas Anom.

Anom menambahkan untuk tenaga teknis lain kuotanya 442. "Kuota untuk Kabupaten seluruh Jawa Timur sekitar 16.276," kata pria yang sebelumnya pernah menjabat Kabag Pemberitaan dan Media Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim

Menurut Anom teknis pendaftarannya dilakukan serentak secara online oleh Panitia Seleksi Nasional melalui situs sscn.bkn.go.id. “Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan,” katanya.

Ia memastikan tidak akan ada calo yang bisa bermain dalam rekrutmen ASN ini. Anom menambahkan proses yang harus dilalui, seluruh pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi secara online. "Yakni dengan CAT (Computer Assisted Test), menggunakan komputer dan dia langsung mengerjakan di situ, setelah selesai 20 menit sudah bisa diketahui dia lolos atau tidak," tegasnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Radar Surabaya, tahap pengumuman, pendaftaran dan verifikasi administrasi akan dilakukan pada minggu kedua September sampai dengan minggu kedua Oktober 2018. Sedangkan pelaksanaan seleksi (SKD dan SKB) pada minggu ketiga Oktober. Kemudian pengumuman kelulusan pada minggu keempat November dan tahap pemberkasan dimulai pada bulan Desember 2018.(mus/no)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia