Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
Targetkan Pengecatan 6000 Gapura Merah Putih

Nippon Paint Kembali Kibarkan Semangat Gotong Royong

Kamis, 16 Aug 2018 20:44 | editor : Abdul Rozack

KEBERSAMAAN: Warga, karyawan Nippon Paint serta pemilik toko cat dan bangunan berfoto bersama usai melakukan pengecatan gapura.

KEBERSAMAAN: Warga, karyawan Nippon Paint serta pemilik toko cat dan bangunan berfoto bersama usai melakukan pengecatan gapura. (ISTIMEWA)

SURABAYA – Mengulang kesuksesan pengecatan gapura tahun sebelumnya, Nippon Paint untuk ketiga kalinya kembali menggelar program Gapura Merah Putih. Tahun sebelumnya, Nippon Paint telah mendapatkan rekor MURI untuk pemrakarsa dan pelaksana pengecatan Gapura Merah Putih terbanyak.

Kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Nippon Paint dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-73 ini diselenggarakan di 30 kota di Indonesia pada 28 Juli - 13 Agustus 2018.

Tahun ini Nippon Paint menargetkan pengecatan 6000 Gapura Merah Putih dan memecahkan rekor MURI tahun sebelumnya untuk "Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak di Indonesia", karena melihat partisipasi dan antusias masyarakat yang semakin meningkat setiap tahunnya.

KERJASAMA: Warga dan karyawan Nippon Paint kompak melakukan pengecatan.

KERJASAMA: Warga dan karyawan Nippon Paint kompak melakukan pengecatan. (KERJASAMA: Warga dan karyawan Nippon Paint kompak melakukan pengecatan.)

TU Sales Manager Harijanto Purnawan menyampaikan, ‘’Warga Surabaya sangat antusias dalam mengikuti program Gapura Merah Putih. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga semangat gotong royong di dalam masyarakat. Selain itu, juga mempererat persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku, agama dan status sosial. Setiap tahunnya, Nippon Paint bersama warga dan retail partner selalu termotivasi untuk memberikan hasil yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya," terangnya.

Harijanto turut menjelaskan, jika Gapura Merah Putih merupakan sebuah program yang telah dilakukan sejak 2016, dan tahun ini pengecatan tidak hanya dilakukan di area perumahan saja, namun juga di area sekolah dan kantor pemerintah.

"Sampai saat ini, jumlah gapura yang dicat telah mencapai 6000 lebih di seluruh Indonesia dan diperkirakan akan terus bertambah hingga menjelang hari perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-73. Semua ini tidak lain karena adanya dukungan dari masyarakat," tambah Harijanto.

Untuk turut berpartisipasi menyukseskan program Gapura Merah Putih, pemilik toko cat dan bangunan di sekitar area menyumbangkan tenaga dan peralatan cat. 

"Kegiatan ini tidak hanya meriah, namun menjadi momentum yang pas untuk menjalin kembali silaturahmi. Suasana kebersamaannya sangat terasa, sehingga kami sangat bersemangat untuk terlibat. Selain itu, pengetahuan masyarakat terkait jenis-jenis cat juga bertambah, mereka dapat membedakan mana cat yang digunakan untuk eksterior maupun interior," jelas Moch Zainus Sholikin pemilik Toko Cat dan Bangunan Al Inayah 1, Jalan Sememi Jaya Selatan No. 118 Benowo, Surabaya.

Semarak pengecatan Gapura Merah Putih pun turut dirasakan langsung oleh warga setempat, diantaranya dirasakan oleh M. Potteh warga RT 03 RW 03 Asem Mulya V, Asem Rowo, dan Pratikno warga di RT 01 RW 01 Sememi Jaya 8A, Benowo yang dijumpai secara terpisah.

"Pengecatan gapura dari Nippon Paint memberikan suasana yang berbeda dalam merayakan hari kemerdekaan di area kami. Warga saling memberikan idenya untuk mengecat Gapura Merah Putih.Yang paling penting, warga punya kegiatan positif dan kompak untuk merayakan kemerdekaan. Semoga kegiatan ini dilaksanakan lagi di tahun depan," jelas Potteh.

Menurut Pratikno, kegiatan semacam ini sangat mengena di hati warga untuk menyulut semangat gotong royong dalam menyambut hari kemerdekaan.

Gapura Merah Putih dicat dengan cat eksterior Nippon Weatherbond Solareflect warna edisi khusus "Merah Merdeka 1945" sesuai warna merah bendera nasional Indonesia dan Nippon Weatherbond warna putih "Brilliant White 1001", dengan tambahan Nippon Metallic Paint (Water-Based) warna “Real Gold 3100” yang disediakan oleh Nippon Paint.

Semua cat yang digunakan untuk mengecat gapura yang mengikuti program ini berasal dari teknologi mesin tinting Nippon Paint, sehingga warna Gapura Merah Putih akan 100 persen akurat dan konsisten dari Sabang sampai Merauke.

Tidak hanya pengecatan, juga terdapat Kompetisi Video Yel-yel Merah Putih dengan total hadiah 250 juta Rupiah, bagi yang berhasil menunjukkan kreatifitas terbaik, kekompakan dan semangat kebersamaannya dalam merayakan kemerdekaan melalui videonya. (cin/rud)

(sb/cin/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia