Jumat, 19 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Gresik
Kegiatan CRS PT PGN Saka

Bangun 4 Sarana Air Bersih Untuk Warga Ujung Pangkah

Jumat, 03 Aug 2018 11:06 | editor : Aries Wahyudianto

: Dari kiri Bupati Sambari Halim Radianto, Kepala SKK Migas Jabanusa Ali Masyhar, VP Government PGN Saka Purwanto Nugroho, kepala desa serta masyarakat.

: Dari kiri Bupati Sambari Halim Radianto, Kepala SKK Migas Jabanusa Ali Masyhar, VP Government PGN Saka Purwanto Nugroho, kepala desa serta masyarakat. (FIRMAN/RADAR GRESIK)

SEBAGAI bentuk kepedulian kepada masyarakat, PT Saka Energy Pangkah Limited atau PGN Saka membangun fasilitas air bersih. BUMN Migas ini membangun 4 fasilitas sarana air bersih di 4 desa di Kecamatan Ujungpangkah.

Peresmian sarana dan prasarana air bersih di empat desa Kecamatan Ujungpangkah dipusatkan di Dusun Druju Desa Pangkah Kulon. Itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Sarana dan prasarana air bersih tersebut berkapasitas 75.000 liter. Jumlah itu mampu menyalurkan air bersih ke 616 sambungan rumah tangga (SR) dengan total panjang pipa 12.200 meter di empat desa Kecamatan Ujungpangkah.

Acara peresmian juga ditandai dengan dengan penekanan tombol air oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Ali Masyhar serta Vice President Goverment PGN Saka, Purwanto Nugroho.

Bupati Sambari Halim Radianto dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada PGN Saka yang telah membangun sarana air bersih di Ujung Pangkah. Ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat di wilayah Ujungpangkah.

"Saya berharap air yang nantinya dikelola oleh Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM, Red) bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," pesan Bupati Sambari.

Ditambahkan, air yang dikelola dan dijual semurah mungkin. Tujuannya, agar manfaat bantuan dari PGN Saka semakin bisa dirasakan oleh masyarakat.

Di tempat yang sama Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Ali Masyhar mengungkapkan, pihaknya terus mendorong kepada perusahaan KKKS di wilayah Gresik

memperhatikan kondisi sosial lingkungan sekitar. Ini agar keberadaan KKKS semakin dicintai masyarakat.

“Kami terus mendorong agar KKKS selalu mendukung program pemerintah daerah. Disamping itu juga memperhatikan kondisi sosial masyarakat,” jelasnya.  

Sementara itu Vice President Goverment PGN Saka, Purwanto Nugroho menjelaskan, program ini guna dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ini sekaloigus mendukung program pembangunan Pemkab Gresik. Serta untuk mewujudkan program nasional yang lagi dicanangkan yaitu program 100-0-100 untuk Indonesia bersih dan sehat.

"Program 100-0-100 merujuk pada target 100 persen kemudahan mengakses air bersih, 0 persen luas kawasan permukiman kumuh dan 100 persen lingkungan sanitasi yang layak dan sehat," terang Purwanto Nugroho.

Dia berharap, keberadaan PGN Saka dapat membawa manfaat langsung kepada masyarakat sekitar. "Kami juga siap mendukung program pemerintah dalam proyek-proyek pembangunan wilayah,” kata Purwanto. (*/fir)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia