Kamis, 16 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Perketat Pengeluaran Sertifikat PIRT

Jumat, 03 Aug 2018 09:54 | editor : Aries Wahyudianto

Para peserta dari pengusaha senior dan pemula sedang mengikuti sosialisasi sertifikasi PIRT.

Para peserta dari pengusaha senior dan pemula sedang mengikuti sosialisasi sertifikasi PIRT. (HANY AKASAH/RADAR GRESIK)

Banyak ditemukan kasus makanan mengandung boraks maupun formalin mendorong Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan penyuluhan kepada Pengusaha Industri Rumah Tangga (PIRT) di Gresik. Penyuluhan itu tidak hanya bagi pemula, namun juga pengusaha yang bisnisnya sudah kuat dan diterima di berbagai elemen.

“Salah satu untuk memiliki usaha untuk bisa industri, yakni harus mengikuti pelatihan. Baru setelah itu kami keluarkan surat penyuluhan,” kata Kasi Farmasi Dinkes Gresik, Hermina. Dalam proses penyuluhan diberikan beberapa materi. Diantaranya, kebijakan PIRT di Kota Palembang peraturan perundang-undangan tentang pangan, cara memproduksi pangan yang baik untuk IRTP, standar operasi prosedur sanitasi, tata cara pemeriksaan sarana.

Di Gresik, permohonan ijin SPP-IRT (Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga) terus meningkat. Dalam bulan Agustus akan dibagi beberapa sesi untuk kegiatan penyuluhan.
Menurut Hermin, Peserta yang mengajukan No.  PIRT ini wajib mengikuti penyuluhan pangan,  serta dilakukan survei Industri Rumah Tangga, jika memenuhi syarat maka akan di berikan sertifikat penyuluhan keamanan pangan “Jika tidak memenuhi diminta untuk melakukan perbaikan,  dan akan dikeluarkan sertifikat PIRT”, katanya.
Sementara itu, Kepala Dinkes Gresik, dr Nurul Dhollam mengatakan dalam proses pelaksanannya, jika kuota sudah memenuhi jumlah peserta maka akan dilaksanakan penyuluhan,  dan kegiatan ini sesuai SK bupati adalah gratis alias tidak ada biaya.
“Kami memang memperketat  proses pengeluaran izin pangan ini supaya masyarakat aman, juga industri di Gresik berkembang serta kuat secara hukum,” katanya. (han)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia