Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Fokus Urus Wakaf

03 Agustus 2018, 09: 44: 32 WIB | editor : Aries Wahyudianto

hilal

hilal (DOK/RADAR GRESIK)

Lulus studi pendidikan di Sekolah Ilmu Agama Islam (STIT) Raden Santri Santri Gresik, Lora Hilal Fikri justru tidak mau mencari pekerjaan. Ia masih fokus dengan kegiatan sosialnya mengurus wakaf tanah di Gresik. “Sudah jatuh hati mengurus wakaf, ada tantangannya dan pastinya untuk kemaslahan umat,” kata Hilal.

Dikatakannya, banyak problem terkait dengan wakaf di Gresik.  Mulai dari sosialisasi proses wakaf, administrasi ke BPN, dan upaya intensif berkomunikasi dengan berbagai lembaga, termasuk pemerintahan. “Persoalan di lapangan, kadang ada tanah wakaf sebagian masih gabung dengan keluarga dan sebagainya,” kata Hilal.

Saat ini, pemerintah memang mengharuskan seluruh tanah maupun wakaf di Gresik punya sertifikat sah. Itu dilakukan seiring dengan banyaknya kasus sertifikat tanah yang bisa berdampak  pada tindak pidana. Sebagai perwakilan lembaga wakaf dan sertifikasi tanah Nadhatul Ulama (NU) Gresik, Hilal merasa punya tanggung jawab besar untuk membantu proses wakaf warga NU. Apalagi, hampir semua wakaf dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat maupun umat. Antara lain, sebagai lembaga pendidikan, musala, masjid, dan lain sebagainya. “Kalau pas banyak saya bisa pulang malam untuk mengurus wakaf, sudah merasa bagian dari perjuangan,” pungkasnya. (han)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia