Kamis, 16 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Disbudpar Siapkan Anggaran Lewat PAK

Penyiapan Wisata Benteng Kedung Cowek

Kamis, 02 Aug 2018 13:31 | editor : Wijayanto

TAK TERAWAT:Bangunan Benteng Kedung Cowek masih tertutupi banyak tanaman liar.

TAK TERAWAT:Bangunan Benteng Kedung Cowek masih tertutupi banyak tanaman liar. (VEGA DWI ARISTA/RADAR SURABAYA)

Surabaya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya mendukung upaya untuk membuat Benteng Kedung Cowek menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Surabaya. Bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip), Disbudpar masih mengumpulkan data historis untuk menunjang rencana tersebut.

Kepala Disbudpar Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, rencana untuk merevitasliasi tanpa harus mengubah bentuk dasar Benteng Kedung Cowek memang telah direncanakan. Namun, sebelumnya konsep itu akan dimatangkan dengan pengumpulan data historis yang ada di balik bangunan sejarah tersebut. “Tidak hanya di Kedung Cowek tetapi pasti ada kaitannya dengan bangunan lain,” terangnya.

Menurutnya, jika data tersebut lengkap maka rencana untuk memperbaiki kawasan Benteng Kedung Cowek akan segera direalisasikan. Diperkirakan dengan konsep yang matang maka benteng itu akan jadi jujukan wisatawan lokal maupun mancanegara. “Kami yakin jika dikembangkan akan banyak yang datang,” jelasnya.

Dia menambahkan, pada tahun 2018 ini Disbudpar belum menganggarkan untuk perbaikan kawasan bersejarah itu. Namun, jika nanti data penunjang historis lengkap, maka usulan anggaran bisa dilewatkan melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK). “Tapi kita sekarang fokus pendataan karena kawasan heritage Surabaya juga banyak dan menyimpan sejarah besar,” ucapnya.

Karena itu, pemerhati sejarah yang dilibatkan diharapkan bisa memberikan masukan data akurat terkait nilai sejarah yang ada di kawasan Benteng Kedung Cowek. Sehingga, tidak hanya penyajian bangunan saja tetapi penyediaan cerita histroris juga jadi penunjang wisata di tempat tersebut.

Ketua Komisi D Agustin Poliana mengatakan, Benteng Kedung Cowek meninggalkan banyak sejarah perjuangan pahlawan. Karena itu, selain Tugu Pahlawan diharapkan kawasan itu bisa dijadikan pusat wisata sejarah yang membuat Surabaya semakin populer sebagai Kota Pahlawan. "Konsep untuk merealisasikan kawasan wisata Benteng Kedung Cowek harus tepat," terangnya.

Ketua DPRD Surabaya Armuji menilai, Surabaya sebagai Kota Pahlawan memiliki banyak cerita historis yang jadi aset Surabaya. Karena itu dengan keunggulan tersebut, Pemkot harus bisa memanfaatkan untuk jadi wisata yang bisa dinikmati masyarakat. “Arek-arek Surabaya dulu berjuang di sini (Surabaya, Red) jadi mari kita kenang dengan perbaikan sejumlah bangunan bersejarah,” katanya.(vga/no)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia