Kamis, 16 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Persiapan Pengoperasian Bus Khusus Mahasiswa, Tambah Rambu dan Halte

Selasa, 31 Jul 2018 19:55 | editor : Abdul Rozack

Usai Ujicoba Bus Tingkat Khusus Mahasiswa

Usai Ujicoba Bus Tingkat Khusus Mahasiswa (ISTIMEWA)

SURABAYA – Sejumlah kendala ditemui dalam uji coba bus tingkat yang diprioritaskan untuk mahasiswa tersebut. Dalam uji coba yang dilakukan pada Minggu (29/7) malam, sejumlah ranting pohon, rambu hingga pemberhentian bus akan dievaluasi agar bus bantuan corporate social responsibility (CSR) itu bisa dioptimalkan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengatakan, bus double deck yang lebih tinggi dibandingkan bus biasa tekendala menyangkut pada sejumlah ranting pohon. Dalam uji coba tersebut petugas mencatat ada sejumlah titik jalan yang pohonnya sangat lebat rantingnya. “Kita sudah catat dan akan kita evaluasi. Termasuk berkoordinasi dengan DKRTH,” katanya, Senin (30/7).

Dia mengungkapkan, selain masalah ranting, penambahan rambu-rambu lalu lintas untuk mempelancar moda transportasi masal itu akan ditambah. Selain itu, titik-titik pemberhentian bus juga masih banyak digunakan parkir kendaraan lain. “Nah dari beberapa temuan itu kita akan bisa antisipasi jika nantinya bus tingkat itu dioperasikan,” ujarnya.

Menurutnya, bus yang akan beroperasi dari Unesa Lidah Kulon, Kampus C Unair dan ITS tersebut diharapkan bisa difungsikan dengan baik. Mahasiswa diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan membawa sampah botol plastik. “Bus yang akan melintas dengan jarak 31 kilometer itu diharapkan bisa optimal,” ucapnya.

Irvan menyebut, dua bus tingkat yang akan dioperasikan pada Agustus nanti akan dievaluasi secara bertahap. Tidak hanya terkait kelancaran operasional, tetapi juga minat para penumpang memanfaatkan bus tersebut. “Kami ingin intensitas kemacetan di jalan kawasan timur ke barat bisa diminimalisir,” pungkasnya. (vga/nur)

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia