Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Sup Kikil Kuah Kecombrang Menu Nusantara Kaya Rempah

31 Juli 2018, 19: 52: 42 WIB | editor : Abdul Rozack

LEZAT: Seorang pengunjung menikmati sop kikil kuah kecombrang di restoran salah satu hotel di kawasan Nginden, Senin (30/7).

LEZAT: Seorang pengunjung menikmati sop kikil kuah kecombrang di restoran salah satu hotel di kawasan Nginden, Senin (30/7). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Siapa yang tak kenal dengan sup kikil. Masakan khas Surabaya ini populer dengan kuah gurih dan segarnya. Namun bagaimana dengan sup kikil yang dipadukan dengan kecombrang?  sudah pernah mendengarnya. Sup kikil kuah kecombrang ini dihadirkan oleh restoran Lisa’s Kitchen di Ayola La Lisa Surabaya. 

Meski kecombrang biasanya dijadikan nsebagai urap ataupun bumbu untuk sambal matah untuk orang bali, rupanya bunga ini juga menjadi pasangan klop saat disandingkan dengan kikil. cita rasanya yang sedikit asam mengimbangi bau amis dari kikil. “ rsaling melengkapi. kecombrang ini jika dimakan memiliki sensasi fresh di mulut, jadi mengurangi eneg dari kaldunya,” kata head chef dari Lisa’s Kitchen, Yusni Kartika Adeputra. 

Seluruh bagian dari bunga kecombrang ini juga dimanfaatkan sebagai bahan sup. batangnya, ditumbuk halus dan dicampur dengan bumbu dasar lain, sementara bunganya, diiris tipis sebagai campuran kikilnya. Selain kekhasan dari kecombrang, tekstur dari kikilnya sendiri yang sudah empuk semakin memanjakan lidah. 

“ Untuk kikil kami rebus selama 30 menit,” imbuhnya.

Untuk rasa, sup kikil kuah kecombrang ini memiliki cita rasa gurih dan segar. Bunga kecombrang yang biasanya memiliki rasa sengak terasa sangat ringan disini sehingga bisa dikonsumsi oleh orang yang tidak menyukai kecombrang sekalipun. 

“ Rasanya unik dan segar. aku suka kikilnya yang tidak alot. meskipun nempel di tulang, mudah digigitnya, jadi tetap bisa makan cantik,” kata Riya, salah satu pengunjung. 

Meski kurang familiar di Surabaya. kecombrang meman dikenal sebagai campuran berbagai stew di beberapa daerah di Indonesia. “ biasanya memang sbagai bumbu dari sup, semur, dan segala masakan stewing(rebusan,Red).(is) 

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia