Sabtu, 20 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

DPR Siap Bantu Ganti Rugi Korban Lumpur

Jumat, 27 Jul 2018 06:34 | editor : Lambertus Hurek

Posko korban lumpur di Desa Pejarakan.

Posko korban lumpur di Desa Pejarakan. (DOK)

Korban lumpur yang belum mendapatkan ganti rugi memiliki harapan untuk bisa segera mendapatkan haknya. DPR RI saat ini sedang mengupayakan bantuan. Kekurangan pembayaran akan ditanggung dana APBDN 2019. 

Ketua Forum Komunikasi Korban Lumpur Sidoarjo (FKKLS) Ahmad Basuni mengatakan, pekan lalu pansus dan korban lumpur bertemu Komisi V DPR RI. Dalam rapat tersebut, korban lumpur mendapatkan angin segar. Komisi V berjanji membantu agar pembayaran bisa segera terlaksana.

Dia menyebutkan, bantuan tersebut berupa desakan pada pemerintah. Saat ini DPR RI dan pemerintahan akan membahas RAPBD 2019. Usulan pembayaran ganti rugi diupayakan masuk dalam rencana anggaran.

Untuk mendapatkan gantu rugi, warga diminta segera membuat data. Nantinya data tersebut akan dipresentasikan di depan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan Komisi V DPR RI. Setelah itu, dana itu bakal dibahas dalam rapat RAPBD 2019. "Dalam rapat akan ditentukan besaran anggaran yang dikucurkan pemerintah," ucapnya. 

Basuni menjelaskan, saat ini proses pengumpulan data terus berjalan. Batasnya hingga 28 Juli 2018. Dia berharap seluruh korban yang belum terbayar segera mengumpulkan berkas. Sehingga pihaknya kami bisa cepat bertemu dengan Wantimpres dan DPR RI.

Dalam penyampaian data, nantinya berkas akan disampaikan. Selain itu, korban lumpur juga menyampaikan testimoni di depan Wantimpres. "Untuk menujukkan bahwa masih ada masalah, banyak warga yang belum dibayar," imbuhnya.

Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) juga membantu korban lumpur yang belum terbayar. Humas PPLS Hengki Listria Adi mengatakan, pihaknya akan ikut rombongan warga ke Jakarta. "Kami akan paparkan penanganan lumpur serta jumlah warga yang sudah dibayar dan belum mendapatkan haknya," jelasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia