Sabtu, 20 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Kirim Sabu, Ditangkap di Pinggir Jalan

Rabu, 25 Jul 2018 20:01 | editor : Lambertus Hurek

Tersangka Andika diperiksa polisi.

Tersangka Andika diperiksa polisi. (IST)

Hendak mengantar pesanan sabu-sabu, Andika Bagas Zakaria, 19, warga Jalan Pulosari I, Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya, indekos di Desa Ketegan, Kecamatan Taman, ditangkap Satresnarkoba Polresta Sidoarjo. Tersangka diamankan di Jalan Sepanjang, Kecamatan Taman. Sepeda motornya dihentikan dan ditemukan satu poket sabu seberat 0,36 gram. Dia pun dibawa ke Polresta Sidoarjo beserta barang bukti sabu yang hendak dijualnya tersebut.
Penangkapan pria berpendidikan terakhir SMP ini bermula ketika polisi mendapat informasi jika tersangka mengedarkan narkoba di wilayah Taman. Penyelidikan dilakukan, hingga akhirnya tersangka diketahui pergi mengendarai sepeda motor. Polisi curiga karena tersangka seperti menggenggam sesuatu di tangan kirinya yang diduga sabu.
“Kami langsung tangkap saat tersangka berhenti di depan warung nasi bebek,” terang Kasatresnarkoba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto, Rabu (25/7).
Tersangka yang berhenti pun terkejut. Dia langsung digeledah dan diminta membuka tangan kirinya yang ternyata benar membawa sabu-sabu. Polisi langsung membawa tersangka beserta barang bukti yang diamankan. “Itu salah satu taktik pengedar narkoba. Sabunya digenggam jika di depannya ada operasi atau polisi bisa langsung dijatuhkan,” ujarnya.
Dari keterangan tersangka pada penyidik, diketahui jika sabu tersebut hendak diberikan pada pemesan yang sudah menghubunginya sejak sore. Teman Andik memesan sabu dan memiliki uang Rp 300 ribu. Tersangka memberitahu temannya dan menjanjikan barang akan diberikan jika sudah tersedia. Padahal, sabu tersebut sudah dibawanya. Kemudian dia mengajak bertemu di depan warung bebek Jalan Raya Bebekan, Sepanjang, pukul 23.00.
Setelah itu tersangka memberitahu jika dia mulai perjalanan ke lokasi. Dirinya pun langsung menuju ke tempat yang disepakati. Belum sempat bertemu pembeli, tersangka sudah diamankan terlebih dulu oleh anggota Satresnarkoba yang sudah mengikutinya.
Kompol Sugeng menuturkan, tersangka mengaku mendapat sabu tersebut dari seseorang berinisial K. Dia membelinya dengan cara ranjau. Sabu tersebut ditaruh di jalan depan SMA Muhammadiyah, Taman, Sepanjang. Dia membeli satu gram kemudian dibagi menjadi beberapa poket. “Satu gram dibeli dengan harga Rp 1,350 juta. Sisanya berhasil kami amankan, yang lain sudah terjual,” tuturnya. (gun/nis)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia