Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Satpol PP Tertibkan 45 Pedagang

25 Juli 2018, 19: 57: 53 WIB | editor : Lambertus Hurek

Satpol PP menertibkan pedagang kaki lima di Sidoarjo.

Satpol PP menertibkan pedagang kaki lima di Sidoarjo. (Annisa Firdausi/Radar Sidoarjo)

Satuan Polisi Pamong Praja Sidoarjo serius dalam upayanya untuk menjaga keindahan Kota Delta. Penertiban pedagang digelar rutin. Kemarin (25/7), operasi kembali digelar di sejumlah lokasi. Pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya langsung diangkut dan disidang tindak pidana ringan (tipiring).
Operasi pedagang dimulai pukul 09.00. Dua kompi Satpol PP berangkat dari kantor. Tujuan pertama di Pasar Larangan. Sampai di depan Pasar Larangan, Kecamatan Candi, petugas langsung menyebar. Mencari PKL yang mangkal sembarangan. Di depan Pasar Larangan, Satpol PP tidak mendapatkan tangkapan. Namun di Jalan Gatot Subroto, petugas berhasil mengobrak 15 pedagang.
Lokasi kedua di Gading Fajar. Petugas panen tangkapan. Sebanyak 30 PKL diamankan. Mayoritas pedagang jajanan serta makanan. Begitu juga di Gelora Delta Sidoarjo. Pedagang yang sebagian besar berjualan makanan diangkut gerobaknya.
Pukul 13.00, pelanggar dikumpulkan di kantor Satpol PP. Mereka disidangkan. Jumlahnya 48 orang. Terdiri dari 45 PKL dan tiga warga yang membuang sampah sembarangan. Setiap pelanggar dikenakan sanksi. Yakni membayar denda. Nilainya bervariasi. Mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.
Kepala Satpol PP Widiyantoro Basuki mengatakan, denda tipiring diberikan sebagai efek jera. Dia berharap PKL serta pembuang sampah sembarangan tidak melakukan perbuatan serupa. "Kalau sudah pernah dihukum tipiring tentu sanksinya lebih berat," jelasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia