Selasa, 16 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Takut Penuaan Dini, Laser hingga Filler Jadi Pilihan

Rabu, 25 Jul 2018 16:28 | editor : Wijayanto

ilustrasi

ilustrasi (NET)

SURABAYA -  Wanita manapun pasti ingin tampil cantik, dan tampak muda. Tapi, satu hal yang tidak bisa ditolak, yakni kulit wajah menjadi tua dan tidak kencang lagi. Ada dua tipe aging yang menyebabkan penurunan kualitas dan fungsi kesehatan kulit . Yang pertama adalah faktor dari dalam atau biological aging, dimana perubahan yang terjadi secara genetik dan alamiah. Yang kedua yakni faktor dari luar atau environmental aging, yaitu perubahan yang terjadi akibat pengaruh radikal bebas, paparan sinar matahari, polusi, dan rokok.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Ellen Sidowati Sp.KK, tanda-tanda aging yang tampak secara langsung seperti timbulnya garis kerutan, berkurangnya elastisitas kulit, kulit kusam atau pigmentasi. “Ada juga kulit menjadi tidak halus, timbul bayangan atau cekungan pada kulit, pori-pori membesar, dan kulit menjadi kering,” tuturnya.

Setiap orang, lanjutnya berharap wajahnya bisa tampak kencang dan selalu tampil muda, tanpa merubah bentuk asli wajahnya. Akan tetapi, kebanyakan orang takut terhadap tindakan pembedahan. Ia menjelaskan, ada beberapa perawatan wajah yang bisa di coba untuk membuat kulit tampak muda tanpa pengobatan.

Chemical peeling adalah salah salah satunya. Peeling sangat baik untuk meregenerasi kulit karena cara kerjanya dengan mengikis epidermis dan dermis. Dengan proses tersebut, mengakibatkan regenerasi jaringan epidermis dan dermis yang baru. 

Selanjutnya adalah perawatan laser. Prosedur laser membantu untuk meremajakan kulit. Treatment ini termasuk jenis laser fractional, yaitu ribuan kolom laser mikroskopis yang tidak terlihat mata. Kolom ini merangsang produksi kulit baru yang lebih baik, halus, sehat untuk menggantikan jaringan kulit yang rusak.

Lalu ada skin tightening therapy untuk peremajaan dan pengencangan kulit wajah atau tubuh , dengan menggunakan energi ultrasound yang terfokus. Energi ultrasound terbukti aman dan efektif untuk merangsang pembentukan kolagen secara alami. Selain itu, tindakan tanam benang untuk mengencangkan kulit yang lebih sederhana dibandingkan dengan bedah face-lift.  Memakai bahan berupa benang yang dapat diserap tubuh.

“Cara kerjanya dengan anestesi lokal. Benang bergerigi dimasukkan ke dalam kulit bagian subkutis dengan menggunakan jarum. Gigi-gigi pada benang yang masuk ke dalam kulit akan membentuk jaringan fibrosis yang berfungsi untuk mempertahankan posisi benang tersebut,” terang dokter di SkinA Dermatology and Aesthetic Clinic ini.

Selain cara diatas, filler juga sedang trend saat ini. Filler Ini merupakan terapi mengisi lapisan kulit dengan asam hyaluronat. Zat berbentuk gel ini berfungsi sebagai pengantar nutrisi dari pembuluh darah ke sel kulit. Manfaatnya untuk menjaga keseimbangan antara kolagen dan elastin, mempertahankan kadar air dengan menahan air dalam jaringan ikat, dan sebagai pelumas kulit yang menjaga kulit dari kerusakan akibat kimiawi dan mekanik. (is/nur)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia