Sabtu, 20 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Mayat Mr X Ditemukan di Sungai Desa Prasung

Selasa, 24 Jul 2018 20:19 | editor : Lambertus Hurek

Evakuasi jenazah Mr X di Prasung Buduran.

Evakuasi jenazah Mr X di Prasung Buduran. (IST)

Warga Dusun Prasung Tambak, Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Senin (23/7) pagi sekitar pukul 07.00 geger. Jenazah seorang laki-laki ditemukan dalam kondisi tertelungkup terbawa arus dan menyangkut di dedaunan tengah Sungai Jangkang. Polisi masih melakukan identifikasi jenazah Mr X ini. Sebab, tidak ada identitas yang menempel di tubuhnya.
Mayat Mr X ini ditemukan pertama kali oleh Ahmad Yusuf, warga Desa Prasung, RT 7 RW 3, Kecamatan Buduran. Saat itu ia hendak memancing. Betapa kagetnya saat melihat ada sesuatu yang mengambang. Ia meminta bantuan warga sekitarnya untuk menepikan jenazah itu. Mereka lalu meminggirkan mayat itu menggunakan bambu.
"Bambu itu kita gunakan untuk menahan mayat agar tidak hanyut lagi," kata pria yang akrab disapa Pak Mat ini.
Setelah penemuan tersebut, Polsek Buduran menuju ke lokasi dan memanggil tim Inafis Polresta Sidoarjo. Korban kemudian dibawa naik untuk dibawa ke RSUD Sidoarjo guna penyelidikan. Dalam proses evakuasi, polisi sempat kesulitan membawa jenazah yang dimasukkan ke kantong mayat. Pasalnya, lokasi penemuan jauh dari jalan raya. Hanya ada jalan setapak untuk bisa masuk dan keluar.
Alhasil, polisi dibantu warga sekitar bergantian menggotongnya menggunakan bambu. Mereka melewati jalan setapak sekitar 1,5 kilometer hingga sampai di jalan desa. Kemudian dievakuasi menggunakan mobil ambulans Polresta Sidoarjo.
"Sempat mau menggunakan perahu milik warga. Namun, tidak ada yang mau, takut ada kejadian mistis di perahunya," kata Kasun Prasung Tambak Misbahudin yang membantu proses evakuasi.
Kanitreskrim Polsek Buduran Iptu Nanang Mulyono, yang berada di lokasi menuturkan, tidak ditemukan identitas korban di lokasi. Korban memiliki ciri-ciri berusia sekitar 55 tahun, rambut beruban, menggunakan celana  pendek biru. Saat ditemukan, ia menggunakan kaos bertuliskan SMKN I Sidoarjo warna merah dan hitam. "Hingga saat ini kami belum mengetahui identitas korban," kata Nanang.
Polisi masih menunggu hasil penyelidikan tim Inafis mengenai identitas korban ini. Penyelidikan awal, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dalam tubuh korban. Diduga, Mister X ini tercebur dan hanyut di sungai. Warga sekitar pun tidak ada yang mengenali jenazah tersebut.
Dugaan sementara, pria ini tercebur di sungai di daerah Bluru atau Kepetingan. Karena laut pasang, ia hanyut dan masuk ke sungai. "Kemungkinan dari sungai arah timur ke Sungai Jangkang," tutur Iptu Nanang. (gun/rek)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia