Selasa, 16 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya
Delapan Pensiunan Pejabat Pemprov Jatim Nyaleg

Bila Terpilih, Janji Tidak Akan Asbun

Selasa, 24 Jul 2018 13:35 | editor : Wijayanto

ilustrasi

ilustrasi

Surabaya - Bursa bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 diwarnai wajah-wajah mantan pejabat. Setidaknya delapan pejabat dan kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jatim bakal maju di pileg 2019.

Rasiyo misalnya, mantan Sekdaprov Jatim ini telah mendaftar di KPU RI sebagai bakal calon anggota DPR RI untuk dapil Jatim 8. Pengalamannya mengerti tentang birokrasi bakal dijadikan modal berharga baginya untuk mengambil hati masyarakat di Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun.

“Saya ini kan lama di birokrasi, melihat DPR ini kok perlulah, artinya orang yang lama di birokrasi pemerintahan. Sehingga paling tidak memberikan masukan dan saran,” ujar Rasiyo saat dihubungi Radar Surabaya, Minggu (22/7).

Mantan calon Wali Kota Surabaya 2015 tersebut mengaku berangkat ke Senayan bukan tanpa bekal. Sejumlah organisasi yang telah dipimpinnya menjadi modal berharga juga. Seperti ketua umum IPSI, Pramuka, Komisaris Bank UMKM, dan PGRI Jatim. “Jaringan-jaringan tersebut yang akan kami gunakan untuk sukses di 2019,” jelasnya.

Lain halnya dengan mantan kepala Dinas Perternakan Maskur. Wakil ketua DPD Partai Demokrat Jatim yang akan maju di DPRD Jatim itu lebih kepada ingin mengabdikan diri di tanah kelahirannya, Tuban.

“Saya ingin menyuarakan khususnya di dapil saya, dapil 12. Caranya ya dengan pemilihan legislatif, karena sudah purna 2016,” kata Maskur.

Kalau soal pengalaman, tampaknya sama seperti Rasiyo, jaringan selama duduk di birokrat dijadikan modal berharganya. Jaringan di komunitas perternak digunakannya untuk menyukseskan melanggeng ke Indrapura, julukan gedung DPRD Jatim.  

Selain dua nama tersebut, masih ada mantan Kepala Inspektorat Jatim Nurwiyatno yang maju DPRD Jatim. Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Gatot Soebektiono dan mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Jatim Zainal Abidin.

Termasuk Kabiro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jatim Ratnadi Ismaun, mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Jatim Zarkasi serta mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Tutut Herawati. Nama-nama tersebut maju sebagai bacaleg DPRD Jatim.

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia