Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Jika Dilakukan Rutin, Yoga Efektif Turunkan Kolesterol

23 Juli 2018, 12: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Ilustrasi Yoga turunkan kolesterol

Ilustrasi Yoga turunkan kolesterol (youtube)

Yoga kini menjadi olahraga favorit banyak orang, terutama kaum Hawa. Salah satu keuntungan yang didapat dari yoga yang sudah banyak diteliti adalah membantu menurunkan kolesterol tinggi. Dilansir dari laman klikdokter.com,  Kamis (19/7), yoga terdiri atas kombinasi latihan pernapasan, beberapa gerakan dan postur, serta meditasi. 

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat membantu dalam mengatasi serangkaian masalah kesehatan. Yaitu tekanan darah tinggi, radang sendi, dan peningkatan kadar gula. Selain itu, yoga juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menurut sebuah penelitian di Indian Heart Journal, melakukan yoga secara teratur satu jam setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Penelitian lain menyebutkan bahwa yoga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) hingga 12 persen.

Banyak gerakan dan postur yoga yang disebut bisa dapat membantu menurunkan kolesterol. Pertama adalah chakrasana, yakni pose tubuh yang menyerupai roda. Gerakan ini dalat meningkatkan kerja fungsi hati. Kedua adalah kapalbhati, yaitu pose yang melibatkan teknik pernapasan. Terdiri dari menghirup udara secara pasif dan mengembuskan udara secara aktif. Pose ini dapat meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh. 

Selanjutnya adalah sarvangsana, yaitu pose dengan gerakan bertumpu pada kedua bahu sehingga kepala berada di bawah dan kaki diluruskan ke atas. Pose ini dipercaya dapat merangsang kerja kelenjar tiroid dan paratiroid dalam mengatur metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Keempat adalah matsyasana, yakni pose yang terlihat seperti ikan. Teknik ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke beberapa organ tubuh, meliputi organ pencernaan, paru, dan organ-organ di area panggul.

Lalu, pose dhanurasana (melengkung ke arah atas). Gerakan ini dapat memberi efek peregangan pada otot-otot di area perut dan melancarkan suplai darah ke organ-organ di bawah area perut. Ada juga paschimottanasana yang dipercaya dapat merangsang kerja hati dan ginjal. (opi)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia