Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Maju Bacaleg, Tiga Politisi Loncat Parpol

22 Juli 2018, 19: 59: 26 WIB | editor : Lambertus Hurek

Ketua KPU Sidoarjo M. Zainal Abidin

Ketua KPU Sidoarjo M. Zainal Abidin (DOK)

Sejumlah nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang semula berbendera partai lain, kini pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Ada 3 orang yang dari luar PKB masuk menjadi kader dan mencalonkan dalam pileg mendatang," ujar Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo, Abdillah Nasih.
Nasih menyebutkan ketiga nama bacaleg yang masuk ke PKB itu diantaranya adalah, H Supandi yang awalnya dari PDIP.  "Dia maju untuk pileg di Dapil 1 (Sidoarjo kota, Candi dan Sedati)," katanya.
Kedua, Sri Widarningsih yang awalnya anggota partai Nasdem. Namun, pindah ke PKB dan mencalonkan di Dapil 2 (Candi Tanggulangin, Porong, dan Jabon). "Ketiga, Setyowati dari parpol Gerindra. Yang kini namanya ada diDapil 4 (Balongbendo, Krian, dan Tarik)," jelasnya.
Nasih mengatakan Sidoarjo merupakan basis NU menjadi alasan utama para bacaleg ini pindah ke PKB. "Peluang di PKB menurut mereka lebih besar. Dan ketiga orang ini berasal dari golongan profesional," ujarnya.
Dia menambahkan sebenarnya ada 65 bacaleg dari PKB namun karena KPU hanya memberi kuota 50. "Akhirnya kami seleksi sesuai fit and proper test serta penataan dapil," imbuhnya.
Saat ditanya otimisme kemenangan jika dikaitkan dengan pilgub kemarin, Nasih menyebut, jika variabel Pilgub dan Pileg itu berbeda. Menurutnya, pada pilgub figur dan mesin politik menjadi penilaian khusus. "Namun di Pileg memiliki 4 variabel yang menjadi bahan pertimbangan, diantaranya mesin politik, proporsi daerah, mesin caleg, dan tentunya dinamika nasional. Target kami meraih 18 kursi,”  pungkasnya. (mus/rud)

(sb/mus/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia