Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Sidoarjo Siap Coret Bacaleg

20 Juli 2018, 13: 07: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

Penyerahan berkas bacaleg dari Partai Berkarya ke KPU Sidoarjo.

Penyerahan berkas bacaleg dari Partai Berkarya ke KPU Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Sebanyak 16 partai politik (parpol) sudah mendaftarkan bakal calon legislator (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo. Berkas ratusan bacaleg itu kemarin mulai diverifikasi oleh KPU Sidoarjo.

"Saat ini kami sedang proses penyusunan hasil verifikasi," ujar Komisioner KPU Sidoarjo Miftakhul Rohmah, Kamis (19/7).

Saat ditanya apakah ada bacaleg yang tidak lolos, wanita yang akrab disapa Miftah ini mengaku masih berproses. Menurut dia, hasil verifikasi ini akan disampaikan ke parpol pada 21 Juli mendatang. "Pada proses ini kami tidak bisa memutuskan apakah bacaleg ini TMS (tidak memenuhi syarat). Proses ini baru masuk MS (memenuhi syarat) dan BMS (belum memenuhi syarat)," katanya.

Miftah mengatakan, sebagian besar bacaleg sudah membawa persyaratan kelengkapan. Tapi ada juga yang belum. Syarat bisa diterima kalau memenuhi dokumen pengajuan seperti D1, D2, D3, AD/ART partai, dan SK terakhir. "Untuk syarat bacaleg masih ada masa perbaikan. Yang belum melengkapi dinyatakan BMS," jelasnya. 

Miftah menambahkan, KPU Sidoarjo belum bisa menentukan ada tidaknya bacaleg yang melanggar Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 seperti mantan narapidana koruptor, bandar narkoba, dan pelecehan seksual. "Nanti kita lihat berkas yang ada. Misalnya, surat dari pengadilan negeri," kilahnya. (mus/rek)

(sb/mus/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia