Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Sebagian Besar Anggota DPRD Sidoarjo Nyaleg Lagi

16 Juli 2018, 16: 40: 58 WIB | editor : Lambertus Hurek

Politisi PKB Sidoarjo siap nyaleg lagi.

Politisi PKB Sidoarjo siap nyaleg lagi. (DOK)

Pemilihan Legislatif (pileg) di Sidoarjo tahun depan akan dihiasi wajah-wajah lama. Sejak dibuka pendaftaran calon legislative (caleg) pada 4 Juli lalu, mayoritas pendaftar adalah politisi yang saat ini duduk di kursi DPRD Sidoarjo.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya. Saat ini ada 13 anggotanya yang duduk di kursi legislatif. Semua anggota dewan dari PKB ikut mendaftar untuk pileg tahun depan. Termasuk Sekretaris DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih.

Nasih mengatakan, Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah memang mewajibkan anggota dewan dari PKB kembali mendaftar. Alasannya, mereka sudah memiliki jaringan kuat. “Sehingga sudah tidak diragukan lagi,” akunya. 

Meski begitu, PKB tidak memberikan keistimewaan bagi anggota dewan. Untuk mendaftar menjadi caleg, setiap orang tetap harus menjalani serangkaian tes. Selain itu juga terjadi persaingan ketat dalam pemilihan dapil. 

Begitu juga dengan PDIP. Ada delapan anggota dewan yang mendaftar. Seperti Erdianto, Taufik Hidayat Tri Yudono, Tarkit Erdianto, Wisnu Pradono, dan Sudjalil. PDIP Sidoarjo sengaja mengusung kekuatan lama. Harapannya agar bisa menambah suara partai. “Optimis bisa meraih lebih dari delapan kursi,” ujar Tarkit.

Berbeda dengan PAN, dari tujuh anggota dewan, hanya enam orang yang kembali nyaleg. Satu orang lainnya mendaftarkan diri menjadi caleg DPRD Jatim. Dia adalah Khulaim Junaedi.

Sekretaris DPD PAN Emir Firdaus menjelaskan, bakal caleg PAN berasal dari beragam golongan. Seperti Muhammadiyah, Aisiyah, NU, dan profesional. “Kapasitas caleg menjadi faktor utama,” katanya. 

Sedangkan untuk anggota PAN yang kini duduk di dewan memang kembali mendaftar. Wajah-wajah lama itu nantinya akan bersinergi dengan bakal caleg baru. Sehingga partai bisa mendapatkan suara besar.

Sama dengan Partai Demokrat, dari empat anggota DPRD hanya dua yang kembali nyaleg. Yakni Ketua Fraksi sekaligus Ketua DPC Demokrat Sidoarjo Juana Sari dan Anggota Komisi B Mohammad Agil Effendi. 

Ketua DPC Demokrat Juana Sari mengatakan, dua kader Demokrat tidak ikut berkompetisi di pileg tahun depan. Yakni Enny Suryani dan Luluk Lelarosanawati. “Mereka sedang ingin istirahat dari partai,” imbuhnya.

Banyaknya anggota dewan yang kembali maju sebagai caleg bakal berdampak pada caleg baru. Kesempatan untuk duduk di kursi dewan pun menipis. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia