Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Bacaleg Harus Terdaftar sebagai Pemilih

10 Juli 2018, 06: 05: 38 WIB | editor : Lambertus Hurek

Sosialisasi aturan pencalegan di KPU Sidoarjo.

Sosialisasi aturan pencalegan di KPU Sidoarjo. (Mus Purmadani/Radar Sidoarjo)

Sudah enam hari Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Namun, belum ada partai politik yang mengajukan bakal calegnya ke KPU Sidoarjo. Partai-partai justru masih sibuk melengkapi sejumlah persyaratan bacaleg.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Mokhamad Iskak mengimbau para bacaleg DPRD Jatim dan DPRD Sidoarjo agar terdaftar sebagai pemilih. Artinya, nama mereka harus masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS).

"DPT yang dimaksud adalah Pileg 2019, bukan Pilgub Jatim kemarin. Sebab, saat ini masih berproses, jadi masih DPS belum DPT," ujar Mokhamad Iskak, Senin (9/7).

Iskak menambahkan, jika belum terdaftar, bisa  minta surat keterangan pada Panitia Pemungutan  Suara (PPS) di tempat tinggal masing-masing.  "Atau bisa langsung ke KPU Sidoarjo untuk didata," katanya.

PPS akan membuat surat keterangan bahwa bakal caleg tersebut terdaftar sebagai pemilih dalam DPS. Di dalam surat  itu, nama bakal caleg akan dimasukan dalam DPS Hasil Perbaikan (HP). "Kami juga mengimbau masyarakat mengecek keberadaan namanya dalam DPS agar tidak kehilangan hak suara dalam Pemilu 2019," jelasnya.

Dari pantauan Radar Sidoarjo, nama-nama bacaleg  sudah mulai terlihat di sejumlah Kecamatan di  Sidoarjo. Di Kecamatan Gedangan, misalnya,  terdapat  22 orang yang akan mendaftar sebagai  bacaleg.

"Maka, kami meminta kepada PPS (Panitia Pemungutan Suara) di tiap-tiap desa untuk  memastikan nama-nama 22 orang tersebut masuk  dalam DPS Pemilu 2019," ujar Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gedangan Masruchin. 

Sementara itu, KPU Kabupaten Sidoarjo masih terus melakukan sosialisasi tahapan pengajuan bakal caleg DPRD Sidoarjo. Pengajuan daftar calon itu telah dibuka mulai 4 Juli hingga 17 Juli 2018. KPU Kabupaten Sidoarjo melakukan sosialisasi Peraturan KPU RI Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Sosialisasi yang diikuti parpol peserta Pemilu 2019 dibuka Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mokh. Zainal Abidin. Dalam sambutannya, Zainal mengungkapkan bahwa setiap pemilu selalu ada perubahan. "Dan, perubahan-perubahan tersebut harus diketahui oleh peserta pemilu," katanya.

Dia berharap semua pengurus parpol benar-benar memahami undang-undang dan peraturan pelaksanaannya agar tahapan pengajuan bacaleg bisa berlangsung dengan mulus. (mus/rek)

(sb/mus/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia