Kamis, 13 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

PD, Dorong Industri Konveksi

03 Juli 2018, 10: 43: 34 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Bisnis konveksi dan sablon menerima imbas kenaikan pesanan selama musim Piala Dunia.

Bisnis konveksi dan sablon menerima imbas kenaikan pesanan selama musim Piala Dunia. (Yudhi/Radar Gresik)

Demam piala dunia 2018 membuat beberapa home industri pembuatan kaos atau konveksi pakaian meraup untung. Sejak awal gelaran, tercatat ada peningkatan produksi khusus untuk jersey bola.

Direktur Kerajaan Seragam, Soni Arief Wicaksono menuturkan, di hari biasa, dia menerima pesanan jersey kaos bola sebanyak 30 sampai 50 potong perminggu. Namun, pada perhelatan Piala Dunia, pesnan itu bisa naik hingga 200 potong perminggu.

“Kebetulan saya tidak membuat stock sebab jersey kaos bola ini designnya harus selalu update,” ujarnya.

Dikatakan, meningkatnya permintaan kaos ini bola berasal dari pedagang. Mereka akan menjual kembali produknya. Rata-rata pedagang yang memesan pada dia berasal dari Mojokerto dan Jombang. “Mereka menganggap bahwa kaos produksi Gresik lebih miring harganya dibandingkan daerah lain,” katanya.

Senada, Direktur Rumah Kaos yang berada di Perum GKB, Nailul Fahmi. Menurutnya, dia harus menambah jumlah pekerja akibat meningkatnya permintaan kaos bola.

“Kalau tidak ditambah kami jelas kewalahan. Sebab, ditempat kami lonjakan permintaan hingga tiga kali lipat,” katanya.

Disebutkan, hingga gelaran minggu kedua piala dunia dia sudah memproduksi sedikitnya 700 kaos bola dengan design aneka tim. Namun, diakuinya untuk tim besar angka produksinya memang lebih tinggi.

”Kami menjual dengan harga Rp 30 ribu per potong kepada pedagang untuk kaos standard. Sedangkan kaos yang berbahan premium kami jual Rp 80 ribu. Selanjutnya pedagang akan menjual kembali kepada pembeli dengan harga mereka,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia