Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

PSI Sidoarjo Siapkan Caleg Wajah Baru

03 Juli 2018, 06: 37: 00 WIB | editor : Lambertus Hurek

Sejumlah kader PSI Sidoarjo bersama Khofifah saat kampanye.

Sejumlah kader PSI Sidoarjo bersama Khofifah saat kampanye. (DOK)

Setelah pencoblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa  Timur, partai-partai saat ini sibuk mempersiapkan daftar calon  anggota legislatif (caleg). Pengajuan nama-nama caleg ke Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo dibuka pada 4 Juli  hingga 17 Juli 2018.

Meski merupakan partai baru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI)  Sidoarjo mengaku sudah siap mengikuti tahapan-tahapan pemilu  legislatif (pileg). Sosialisasi dan rekrutmen caleg pun sudah  dilakukan. "Kami mengutamakan wajah-wajah baru yang masih muda  dan segar. Orang-orang yang masih punya idealisme untuk  melakukan perubahan di dalam sistem," ujar Rehal Lahiprias  Supuntari, pengurus PSI Sidoarjo, kemarin.

Sejak awal tahun, menurut pria yang juga aktivis seni teater  itu, partainya sudah melakukan pendekatan dengan sejumlah  aktivis dan tokoh muda potensial di Kota Delta. PSI juga  melakukan rekrutmen terbuka lewat media sosial. "Alamdulillah,  responsnya cukup bagus. Banyak tokoh muda yang mau berjuang  bersama kami," katanya.

Menurut dia, selama ini banyak orang yang sering melontarkan  kritik dari luar, tapi enggan masuk ke dalam sistem. Sikap semacam ini tak akan banyak manfaatnya untuk memperbaiki keadaan. "Kita harus masuk ke sistem politik yang ada. Itulah yang kami tekankan kepada anak-anak muda agar tidak apatis," katanya.

Rehal menambahkan, pihaknya juga mengutamakan tokoh-tokoh lokal untuk berkiprah sebagai calon anggota DPRD Sidoarjo. Karena itu, di setiap kecamatan partai anyar ini berusaha mengangkat kader-kader muda yang punya akar di daerah. "Jadi, caleg dari wilayah Tarik, ya, harus benar-benar mengenal masyarakat dan persoalan di Kecamatan Tarik," katanya. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia