Rabu, 19 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

DLH Masih Temukan Pencemaran di Sungai Surabaya

30 Juni 2018, 19: 07: 39 WIB | editor : Abdul Rozack

HARAPAN: Dua warga Surabaya tampak mencari ikan di pinggir sungai.

HARAPAN: Dua warga Surabaya tampak mencari ikan di pinggir sungai. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Pencemaran lingkungan terutama di kawasan sungai Kalimas Surabaya rupanya masih terjadi. Dalam pantauan rutinnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya masih menemukan pencemaran lingkungan berupa limbah minyak dari pencucian kaleng bekas serta kebiasaan buang air besar dan mandi di pinggir sungai tersebut.

Kepala DLH Eko Agus Supiadi Sapoetro mengatakan petugas telah menegur warga sekitar yang diduga ikut mencemari sungai. “Masih kita tegur karena berdampak pada kualitas air sungai. Nantinya jika tetap membandel tentu akan kita beri sanksi administrative,” ucapnya.

Menurutnya, dengan teguran tersebut masyarakat diharapkan bisa ikut menjaga kondisi sungai di Surabaya. Sehingga tidak ada temuan kondisi air yang tercemar apalagi berdampak pada budidaya ikan di sungai. “Kan kasihan ikan banyak mati jika air tercemar dengan kandungan zat-zat yang berbahaya,” terangnya.

Untuk sementara ini, imbuhnya, kondisi sungai di Surabaya masih terpantau bersih. Tidak ada laporan pencemaran sungai yang signifikan yang membuat ikan mati. Kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan termasuk sungai juga akan menjaga eksosistem tersebut tetap bersih.

Dia menegaskan, akan menindak tegas warga yang nekat membuang sampah maupun mencemari lingkungan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Satpol PP dan Linmas untuk menindak warga yang memanfaatkan sungai untuk membuang sampah. “Kita berupaya menjadikan sungai sebagai kawasan yang bersih dan nyaman,” pungkasnya. (vga/nug)

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia