Rabu, 19 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Libur Lebaran Pelayanan e-KTP Surabaya Tetap Buka

13 Juni 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN: Walaupun libur lebaran termasuk cuti bersama di lingkungan Pemkot Surabaya sudah dimulai sejak Senin (11/6), namun pelayana

ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN: Walaupun libur lebaran termasuk cuti bersama di lingkungan Pemkot Surabaya sudah dimulai sejak Senin (11/6), namun pelayanan kependudukan masih buka. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya membuka pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik serta verifikasi data biometrik selama libur lebaran 2018.

Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo mengatakan, pelayanan libur lebaran sudah dimulai sejak Senin (11/6) hingga Selasa (12/6). Meski Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah libur sejak Senin, tapi Dispendukcapil menginginkan pelayanan e-KTP tetap buka. "Hari ini (kemarin, Red) terakhir jadi harus dioptimalkan," ujarnya. 

Dia mengungkapkan, selain perekaman dan pencetakan e-KTP dilakukan di Dispendukcapil, pelayanan yang sama juga dilakukan di 18 kecamatan di Surabaya. "Setelah libur nanti pelayanan buka lagi tanggal 21 Juni," terangnya. 

Untuk warga yang baru melakukan perekaman e-KTP, lanjut dia, diberi surat keterangan pengganti. Hal itu dikarenakan tidak bisa langsung jadi karena harus melalui proses penunggalan data di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Beda lagi dengan yang sudah terdata dan siap cetak" kata pejabat yang akrab disapa Anang ini.  

Menurutnya,  jika tidak ada masalah terkait jaringan aplikasi, maka cetak e-KTP paling cepat satu kali 24 jam. "Itu bisa langsung ke pelayanan Dispendukcapil lantai 1," imbuhnya.

Selain itu, untuk pelayanan pembuatan akta kelahiran bisa dilakukan dengan cepat atau hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, asalkan syarat-syaratnya lengkap, seperti surat keterangan lahir, buku nikah, kartu keluarga dan e-KTP kedua orang tua.

Dia menegaskan, warga Surabaya tidak perlu seharian bahkan bisa jadi kembali di lain hari untuk mengurus di kantor Dispendukcapil Surabaya. "Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya apapun," pungkasnya. (vga/nur) 

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia