Kamis, 13 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Potensi Zakat Rp 280 Trilliun Realisasi Cuma 8 Triliunan

09 Juni 2018, 21: 30: 01 WIB | editor : Abdul Rozack

Ilustrasi Potensi Zakat Rp 280 Trilliun

Ilustrasi Potensi Zakat Rp 280 Trilliun (Grafis: Fajar)

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim mayoritas, tak heran jika potensi nilai zakat cukup besar. Bahkan disebutkan jika terkumpul semua, bakal menyentuh Rp 280 trilliun. 

BAEHAQI AL MUTOIB-Wartawan Radar Surabaya 

Data dari Kementerian Agama tahun 2015, jumlah muslim di Indonesia mencapai 240 juta jiwa. Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim Abdussalam Nawawi mengakui, dengan jumlah tersebut potensi zakat secara nasional cukup besar. “Pada penelitian pada 2010 itu potensinya sudah Rp 217 trilliun. Kalau sekarang ya bisa sekitar Rp 280 trilliun lebih,” ujar Nawawi saat di temui, belum lama ini. 

Namun, disebutkan Nawawi, realisasi pengumpulan zakat 2017 sebesar Rp 6 trilliun. Itu sudah meliputi seluruh wilayah di Indonesia. “Jatim saya tidak hafal pastinya. Karena memang seluruhnya dilaporkan ke pusat,” jelasnya. 

Tahun ini Baznas menargetkan, secara nasional dapat mengumpulkan Rp 8,5 trilliun. Ini berarti ada peningkatan sekitar 40 persen dari capaian 2017. Dari target tersebut, Baznas Jatim dibebankan setidaknya dapat mengumpulkan Rp 500 milliar pada 2018. “Target Rp 8,5 trilliun itu untuk seluruhnya, termasuk zakat dan infaq,” jelasnya. 

Guna merealisasikannya, Nawawi pun siap menjemput bola mengambil zakat ke masyarakat. “Itu selalu kita lakukan. Tapi yang namanya orang mengeluarkan (zakat) itu lebih kecil pintunya (mengeluarkan) dari pada menerima pemasukan,” sebutnya. 

Dalam menjemput bola ini, lanjut Nawawi, pihaknya tengah mengerahkan juru pungut yang dimiliki. Selain mengumpulkan lewat lembaga amil dan zakat lain, yang semua hasilnya dilaporkan ke Baznas. Laporan tersebut wajib bagi seluruh Lembaga Amil dan Zakat resmi. 

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia