Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Jelang Lebaran, Pemohon Perpanjangan SIM Membludak

09 Juni 2018, 13: 59: 17 WIB | editor : Wijayanto

DILAYANI: Salah satu pemohon saat melakukan pengurusan SIM di Satpas Colombo.

DILAYANI: Salah satu pemohon saat melakukan pengurusan SIM di Satpas Colombo. (YUAN ABADI/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Jumat (8/6) merupakan hari terakhir pelayanan SIM sebelum libur lebaran. Sejumlah lokasi perpanjangan SIM nampak antre. Tak hanya di Satpas Colombo,melainkan juga di beberapa titik SIM keliling di Surabaya.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pan Pandia mengatakan jika memang ada peningkatan jumlah pemohon perpanjangan SIM dalam satu minggu terakhir. Khususnya bagi yang masa berlaku SIM tersebut bertepatan pada tanggal cuti.

“Peningkatan bisa dikatakan terjadi hingga 100 persen,”ungkap AKBP Pandia.

Menurut Pandia, kebanyakan mereka yang mengurus perpanjangan SIM di awal masa habisnya lantaran khawatir tak sempat untuk mengurusnya pasca liburan. Namun menurutnya, bagi warga yang masa SIM-nya habis ketika libur lebaran, Satlantas memberikan perpanjangan.

Menurutnya, mulai hari ini Sabtu (9/6) Satpas Colombo dan Sim Keliling akan tutup hingga tanggal 20 Juni mendatang. Sedangkan dispensasi pengurusan mulai tanggal 21 Juni-6 Juli, kemudian pada tanggal 27 Juni juga libur pilkada dan dapat diurus sehari setelahanya atau 28 Juni.

“Kami sudah menginformasikan ini beberapa Minggu sebelumnya, semoga masyarakat semua mengetahuinya,” terangnya.

Sebab menurut Pandia, jika dispensasi itu tak digunakan maka dapat dipastikan jika warga tak bisa memperpanjang SIM. Jika terlambat tetap akan melakukan mekanisme pembuatan SIM baru.

Salah satu pengurus perpanjangan SIM, Suwarno mengatakan ia sudah mengantri memperpanjangang SIM sejak pagi. Selain antri dia juga tahu jika pelayanan SIM di hari Jumat lebih pendek. Ia pun mengatakan baru mendapatkan SIM yang baru setelah menunggu empat jam. 

"Saya dapat antrean puluhan hampir seratus.  Jadi harus menunggu agak lama, meski demikian saya lega (bisa memperpanjang SIM,Red),” pungkasnya.

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia