Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Persona Gresik

Ajak Wanita Sukses Melalui Dunia Fashion

21 April 2018, 10: 34: 24 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Riris Fitadiana Ghofir, Owner Java Muslim Group

Riris Fitadiana Ghofir, Owner Java Muslim Group (Esti/Radar Gresik)

Kartini Zaman Now. Begitulah sebutan untuk owner Java Muslim Group Riris Fitadiana Ghofir. Riris membuktikan jika emansipasi wanita bisa melalui dunia fashion.

 “Keinginan terbesar saya itu memang ingin memberdayakan para perempuan untuk lebih mandiri, khususnya ingin memiliki bnayak karyaan perempuan,” ungkap desainer fashion muslim ini.

Dengan pemikirannya yang kreatif, Riris bisa menghasilkan karya fashion yang manis dan elegan. Dari kesenangannya itu, Riris tak sekadar berpikir keuntungan ekonomis. Namun misi utamanya, mengajak berdaya bersama para perempuan di sekilingnya. “Saya tidak ingin menikmati hasil sendirian, inginnya bermanfaat bagi orang lain khususnya bagi para perempuan,” kata Riris.  

Bermanfaat bagi orang lain bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tak hanya menjadi seorang guru, ustadzah,  namun bisa pula dengan dunia fashion muslim.

Risis membuktikannya. Tahun 2003, Riris mendirikan butik dalam naungan Java Muslim Group. “Sekarang masih memiliki kurang lebih 30 karyawan perempuan, dan ingin lebih banyak mengajak para perempuan untuk mandiri dan memiliki penghasilan sendiri,” papar  anak ke empat dari enam bersaudara ini.

Ia memberdayakan wanita Gresik, misalnya dari kawasan Suci. Ia mengajak wanita di sana memproduksi busana dengan bekerja menjahit dan menghias manik-manik gaun.

“Jadi kalau lihat ibu rumah tangga dengan keadaan ekonomi masih kurang, saya ingin membantu dan mengajak mereka sukses bersama, setidaknya dimulai dengan mandiri secar aekonomi dan tidak meninggalkan tugasnya sebagai seorang ibu,” ungkap wanita yang tergabung dalam berbagai komunitas seperti Indonesian Fashion Chamber (ifc Community) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Gresik itu.

Riris yang aktif dalam Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI Gresik)  berusaha mengembangkan diri.  Kini dengan berbagai desain busana muslim bertema klasik romantic yang menjadi unggulan koleksinya. Dari berbagai hasil karyanya, tentunya dengan bantuan para perempuan lain di sekitarnya, ia berthasil menjadi langganan di parade fashion bergengsi. Diantaranya Surabaya Fashion Parade, Muslim Fashion Festival Indonesia hingga Indonesia Fashion Week. “Semuanya saya pelajari secara otodidak. Mulai dari rajin mengamati, berani mencoba dan berkreasi,”  ungkapnya. (est/han)

Siapkan Kebutuhan Anak

Menjadi wanita sukses dalam dunia fashion tak membuat Riris Fitadiana Ghofir.lupa dengan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga.  Ia melihat  langkah seorang Kartini tidaklah bisa maju tanpa dukungan suami. “Saya selalu mendapatkan dukungan dari keluarga, terutama suami. Alhamdulillah, bisnis dan keluarga bisa berjalan bersamaan,” jelasnya.

Tentunya, , Riris tak pernah melupakan tugasnya sebagai seorang ibu tiga anak. Ia tetap menyediakan waktu mempersiapkan segala kebutuhan anaknya, sebelum kembali menjadi seorang pengusaha wanita.

“Saya selalu memberi pengertian anak, termasuk rajin mendampingi aktifitasnya. Seperti sarapan bersama hingga belajar bersama,” kata dia. Bahkan, kebutuhan anak-anak selalu ia kedepankan dengan terus berkomunikasi dengan mereka. (est/han)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia